28 February 2021, 21:35 WIB

Surya Batara Kartika Pimpin Hipmi Jabar


Bayu Anggoro | Nusantara

PENGUSAHA muda Surya Batara Kartika mendapat kepercayaan mengawal Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Barat. Ia dilantik untuk memimpin organisasi ini hingga 2023 nanti.

Saat pelantikan, SBK, sapaan akrabnya, menyatakan pelaku usaha muda harus memiliki nilai-nilai yang memberi kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan negara. Beberapa hal yang dianggap mampu berdampak positif terhadap bisnis yang dijalankan adalah dengan inovasi dan membangun kolaborasi.

Acara itu bertema "Bangkit Membangun Jawa Barat dengan Pemulihan Ekonomi Yang Inklusif." Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Manoarfa juga hadir di Bandung.

Lebih jauh, SBK menyatakan nilai-nilai yang dimiliki generasi muda berperan penting dalam kemajuan bangsa saat ini. Bagi para pengusaha muda, kolaborasi salah satunya bisa  didapat dengan berorganisasi, seperti Hipmi.

"Jika ada dua pengusaha  yang bertemu, lalu ada kepercayaan, bisa jadi akan membuat satu inovasi atau bisnis baru," katanya.

Bahkan, menurutnya dengan berkolaborasi satu sama lain akan
menghilangkan sekat-sekat rivalitas di antara sesama pelaku usaha. "Jika kita bisa berkolaborasi untuk menghasilkan inovasi, mengapa kita harus berkompetisi?" tanya dia.

Apalagi di era digital saat ini, kolaborasi bersama semua pihak dan
berbasis inovasi mutlak diperlukan. Kolaborasi juga bisa meningkatkan
efisiensi dan efektivitas dalam proses bisnis.

"Sehingga, perekonomian daerah dapat lebih produktif dan berdaya saing.
Bukan hanya skala nasional," ujarnya.

Dia juga mengajak seluruh anggota Hipmi untuk terus berkolaborasi dalam
wadah yang dipimpinnya itu. "Pelajaran penting bagaimana seorang
pengusaha dapat membangun sebuah jaringan yang baik. Di HIPMI, jejaring adalah aset paling mahal yang belum tentu dimiliki oleh organisasi lain."

Sementara Ketua Umum BPP Hipmi  Mardani H Maming berharap pengurus Himpi Jawa Barat yang baru membawa kemajuan untuk organisasi dan memberikan sumbangsih kepada masyarakat.

"Kami harap Hipmi Jabar dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memajukan iklim usaha dan menggalakkan wirausaha untuk generasi muda" tandasnya.

Seperti diungkapkan Ketua Pelaksana Pelantikan BPD Hipmi Jabar, Adyesa
Kevindra, pelantikan pengurus kali ini digelar secara hybrid, baik secara offline-online yang diikuti oleh calon pengurus BPD Hipmi Jabar dan undangan. "Pelantikan digelar dengan sangat mengutamakan
protokol kesehatan pencegahan covid-19," paparnya. (N-2)

BERITA TERKAIT