28 February 2021, 21:20 WIB

Bisnis Klinik Kecantikan di Bandung Tetap Optimistis


Bayu Anggoro | Nusantara

DI tengah pandemi, bisnis kecantikan dan alat kecantikan. ternyata masih tetap tumbuh meski tidak sebesar tahun sebelumnya. Badan Pusat Statistik mencatat bahwa pendapatan industri kecantikan Indonesia mencapai US$7,095 miliar.

Angka itu setara dengan Rp99,33 triliun (US$1=Rp14.000) atau tumbuh
2,84% dibanding 2019. Masih berdasarkan sumber yang sama, pada 2019
pendapatan industri kecantikan tumbuh 5,59% dibanding 2018.

Terus tumbuhnya bisnis di sektor ini membuat pelaku usaha di bidang ini optimistis. Salah satunya, Rizki Ananda Musa, pemilik Skin Solution Beauty Centre yang terletak di kawasan Gegerkalong, Kota Bandung.

Dia memastikan bisnisnya ini hadir ini hadir untuk memenuhi keinginan masyarakat yang ingin memiliki kulit yang sehat dan cantik. "Perilaku masyarakat dalam menjaga kesehatan kulit ini tetap tinggi," katanya di Bandung, Minggu (28/2).

Selain dibutuhkan untuk kesehatan kulit, menurutnya Skin Solution Beauty Centre hadir dengan harga yang bersahabat. "Bisnis klinik kecantikan terus tumbuh positif seiring perubahan gaya hidup masyarakat indonesia dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.
 
Bahkan, menurutnya saat ini masyarakat menggandrungi perawatan kulit
khususnya bagian wajah. "Melihat situasi ini,  kami Skin Solution Beauty Centre Klinik hadir di tengah masyarakat yang pada saat ini sedang menggandrungi perawatan wajah."

Disinggung hal apa saja yang bisa memberikan kepuasan pelangan, dia menjawab bahwa kliniknya merupakan yang pertama yang mempunyai peralatan modern meski tidak mematok biaya mahal. "Harga penawaran perawatan kulit yang murah " ujarnya.

Menurut dia, terdapat beberapa produk perawatan yang ditawarkan di klinik tersebut, di antaranya perawatan RF (Radiologi Frekuensi) yang berfungsi untuk menghancurkan lemak, perawatan HIFU yang bertujuan untuk mengencangkan kulit , dan perawatan HIFU V yang bertujuan mengencangkan daerah kewanitaan.

Perawatan wajah pun tidak hanya digemari oleh wanita, kaum pria pun
banyak yang gemar melakukan perawatan wajahnya. "Di klinik ini tidak
hanya melayani untuk wanita saja, tetapi untuk pria pun kita bisa
melakukan perawatan kulitnya. Kami memiliki 4 dokter yang melayani konsultasi setiap hari, kecuali hari Minggu," tambah Rizki

Menghadapi masa pandemi ini, pihaknya melakukan beberapa inovasi untuk
berkembangnya usaha klinik tersebut, di antaranya melakukan online
booking, promo diskon produk dan treatment, serta memilih brand
ambasador untuk membantu promosi usaha kliniknya.

Terkait antusiasme pasar selama pandemi ini, Rizki menjelaskan bahwa
selama ini di kliniknya setiap hari ramai konsumen. Hal ini terjadi karena kliniknyajuga aktif berpromosi di media sosial.

"Klinik kita mempunyai jargon klinik anti mahal, jadi para konsumen bisa menikmati berbagai macam pelayanan di sini tanpa harus memikirkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan. Harga yang ditawarkan berbeda jauh dengan klinik kecantikan lainya," tandasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT