26 February 2021, 11:33 WIB

Arema Police Sobo Kelurahan Inovasi Polresta Malang Kota


Bagus Suryo | Nusantara

KEPOLISIAN Resort Malang Kota, Jawa Timur, kian meningkatkan pelayanan publik selama masa pandemi covid-19 usai meraih penghargaan pelayanan prima.

Polresta Malang Kota kini masuk zona integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sehingga kinerja personel dipacu. Pasalnya, selama masa pandemi ini masyarakat menginginkan hadirnya pelayanan cepat, mudah, terjangkau dan langsung di lingkungan mereka tinggal.

"Inovasi berbasis teknologi informasi dan non IT ditingkatkan, kita jemput bola ke masyarakat terkait pelayanan publik. Saat ini masyarakat menginginkan pelayanan langsung di lingkungan mereka tinggal," tegas Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata, Kamis (25/2).

Ia menjelaskan pelayanan publik yang manfaatnya luas di masyarakat selama masa pandemi, yaitu Arema Police Sobo Kelurahan. Inovasi pelayanan itu unggulan terpadu meliputi SIM keliling, Samsat keliling, SPKT dan SKCK. Semua pelayanan itu menyatu dalam Program Proaktif Policing.Masyarakat bisa menggunakan layanan perpanjangan SIM, pembayaran pajak kendaraan bermotor, layanan surat kehilangan dan SKCK dalam satu lokasi.

"Kita sudah mengoperasionalkan bus Arema Police Sobo Kelurahan sesuai jadwal di kelurahan-kelurahan," katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, warga menyambut baik dan antusias hadirnya pelayanan SIM dan Samsat keliling di kelurahan. Kini warga tak perlu jauh-jauh ke kantor pelayanan lantaran pelayanan publik kian dekat di rumah mereka.

"Animo masyarakat sangat baik, per hari rata-rata 70 warga menikmati layanan ini," ungkapnya.

Selain layanan publik yang sifatnya jemput bola, masyarakat bisa memanfaatkan layanan daring. Inovasi berbasis teknologi informasi juga tersedia lengkap.Ia mengatakan manfaat luas pelayanan sudah dirasakan langsung masyarakat karena Polresta Malang Kota meluncurkan aplikasi Jogo Malang berbasis android dan ios. Aplikasi layanan publik kepolisian itu diantaranya E-SKCK, E-SIM, E-Satpas termasuk laporan polisi dan kehilangan. Bahkan, di dalam aplikasi ini dilengkapi layanan kampung tangguh semeru, polisi rukun warga termasuk pemulasaran jenazah. 

baca juga: Awal Ramadan, Polres Malang Amankan 36 Orang

Ada pula layanan Wadul dan Panic Button on Hand bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan cepat polisi.

"Warga tinggal memencet tombol fitur di telepon seluler, layanan akan terhubung langsung ke sirene atau rotator di ruang command center," ujarnya.

Polres Malang Kota juga memasang lebih banyak kamera pemantau atau CCTV di sejumlah lokasi strategis dan pusat keramaian guna meningkatkan pelayanan publik dan keamanan.(OL-3)


 

BERITA TERKAIT