25 February 2021, 16:09 WIB

Kerumunan Warga di Kunjungan Jokowi, Pemkab Sikka Siap Tracing


Gabriel Langga | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sikka, Nusa Tenggara Timur, segera melakukan tracing terhadap kerumunan warganya di kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (23/2).

"Kami siap melakukan langkah-langkah dengan melakukan tracing terhadap kerumunan warga dalam kunjungan Bapak Presiden Jokowi ke Sikka beberapa hari lalu," ujar melalui Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo kepada Mediaindonesia.com, Kamis (25/2). Dia menegaskan kunjungan Presiden Jokowi ke Sikka dalam peresmian Bendungan Napun Gete itu memunculkan spontanitas dari warga sendiri hingga terjadi kerumunan.

Meski begitu, dia menuturkan spontanitas warga itu masih dalam tahap pengendalian. Menurutnya, sebelum kedatangan Presiden Joko Widodo ke Sikka, pihak pemerintah dan gugus tugas mengimbau kepada warga agar tidak melakukan kerumunan saat kunjungan tersebut.

Namun nyatanya muncul spontanitas warga yang langsung turun ke jalan untuk melihat langsung Presiden Jokowi hingga terjadi kerumunan. "Ini murni dari warga sendiri. Ini di luar perencanaan kita. Tiba-tiba warga dengan spontanitas turun ke jalan. Meski begitu kami tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan tracing terhadap warga yang melakukan kerumunan," papar dia.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Sikka Dokter Clara Francis menegaskan pihaknya tetap akan melakukan tracing bagi warga yang melakukan kerumunan di kunjungan kerja Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka. Meski demikian, kata dia, tracing tetap dilakukan apabila 1-2 minggu ini ada warga yang melakukan keluhan.

"Tracing dilakukan apabila ada keluhan dari warga yang melakukan kerumunan di kunjungan kerja Bapak Presiden Jokowi. Tracing mulai dari situ dengan melakukan swab dan lainnya," papar dia.

Dia merasa optimistis warga yang melakukan kerumunan dalam kunjungan kerja Presiden Jokowi tidak terpapar covid-19. Hal ini karena kasus covid-19 di Kabupaten Sikka tidak cukup banyak. Hingga kini hanya tiga pasien covid-19 di Sikka yang terpapar dan saat ini masih dirawat di ruangan isolasi RSUD TC Hillers Maumere dengan kondisi sehat.

"Kami melihat dari kasus aktif di Sikka sangat sedikit dan mereka yang aktif ini sedang dikarantina. Jadi kemungkinan kecil sekali warga yang melakukan kerumunan di kunjungan kerja Presiden Jokowi terkonfirmasi positif covid-19," pungkas dia. (OL-14)

BERITA TERKAIT