24 February 2021, 09:29 WIB

Ratusan Rumah Warga Demak Dihantam Angin Puting Beliung


Akhmad Safuan | Nusantara

CUACA ekstrim yang terjadi di pantura Jawa Tengah menyebabkan 170 rumah warga di Desa Karangsono, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak rusak dan roboh akibat dihantam angin puting beliung.

Rumah warga terutama di bagian atap mengalami kerusakan parah bahkan rubuh. Sedikitnya tujuh keluarga terpaksa mengungsi karena rumah mereka tidak dapat ditempati lagi. Peristiwa angin kencang terjadi Selasa (23/2) sekitar pukul 15.00 WIB.

"Saat angin puting beliung datang, kami berusaha menyelamatkan diri karena atap beterbangan ke segala arah," kata Warsini, warga setempat, Kamis (24/2).

baca juga: 4.662 Hektar Kebun Jeruk di Kalsel Rusak Karena Banjir

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak Agus Nugroho mengungkapkan setelah mendapat laporan terjadinya angin puting beliung di desa Utu, puluhan petugas  gabungan diturunkan untuk membantu warga yang mengalami musibah. Selain mengevakuasi warga dan menempatkan ke balai desa setempat, petugas bersama relawan berysaha menyingkirkan pohon yang tumbang serta melakukan pendataan. 

"Sebanyak 170 rumah warga rusak dan satu diantaranya roboh akibat tertimpa pohon besar," tambahnya.

Guna memenuhi kebutuhan warga, demikian Agus Nugroho, di desa itu telah dudirikan dapur umum dan posko kesehatan hingga mereka nanti dapat kembali ke rumah masing-masing setelah dilakukan perbaikan sementara (OL-3)
 

BERITA TERKAIT