23 February 2021, 16:42 WIB

Kawanan Gajah Liar Rusak Lahan Pertanian dan Perkebunan di Muba


Dwi Apriani | Nusantara

KAWANAN gajah liar masuk ke pertanian dan perkebunan milik warga di Desa Mulya Agung, Kecamatan Lalan, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Senin (22/2) malam. Akibatnya, tanaman padi dan kelapa sawit milik warga di desa tersebut rusak.

"Iya berdasarkan laporan warga, pada Senin malam (22/2), ada kawanan gajah liar yang memakan dan merusak tanaman padi dan kelapa sawit milik warga," ujarnya Kepala Kepolisian Sektor Lalan, Iptu Nazaruddin, Selasa (23/2).

Ia mengatakan, dari laporan warga itu diketahui ada enam ekor gajah dewasa yang sudah melakukan tindakan tersebut. Akibatnya, lahan pertanian dan perkebunan seluas 1,5 hektare rusak.

Untuk menghalau kawanan gajah tersebut, warga sudah mengambil tindakan. Yakni mengusir kawanan gajah dengan cara tradisional yakni memakai obor, tanpa melukai kawanan gajah tersebut.

"Kawanan gajah ini diusir dan diarahkan keluar lahan pertanian dan perkebunan memakai obor. Kawanan gajah itu termonitor masih berada di semak belukar seputaran Desa Mulya Agung ke arah Desa Karya Mukti untuk saat ini," jelas dia.

Untuk sementara, kata Nazar, warga masih berjaga-jaga agar kawanan gajah tersebut tidak masuk kembali ke lahan pertanian dan perkebunan milik mereka. "Masih dilakukan monitor agar kawanan gajah tidak masuk kembali, pungkasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT