21 February 2021, 16:18 WIB

Meski Sudah Divaksin, Prokes Harus Tetap Dijalankan Ketat


Lilik Darmawan | Nusantara

DINAS Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng) mulai menyiapkan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua yang rencananya dilangsungkan pekan ini. Hanya saja, Dinkes tetap menekankan supaya  setelah divaksin protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan secara disiplin.

"Saat sekarang disiapkan pelaksanaan vaksinasi tahap kedua. Ada hal penting yang tidak boleh diabaikan. Meski nantinya sudah divaksin, namun prokes harus tetap dijalankan secara ketat. Vaksin itu sinergi dengan prokes, keduanya harus dijalankan secara bersama untuk menghilangkan pandemi," tegas Kepala Dinkes Purbalingga Hanung Wikanto, Minggu (21/2).

baca juga: Jateng mulai Lakukan Vaksin Lansia dan Masyarakat Umum

Menurut Hanung, berdasarkan pengalaman pada pekan lalu, ada delapan nakes yang sudah divaksin, tetapi masih dapat positif covid-19. Waktu itu, lanjutnya, memang nakes telah mendapat suntikan vaksin pertama.  Namun, karena masih sekali dan baru beberapa hari menjalani vaksinasi, maka antibodi belum terbentuk sempurna. 

"Kasus ini membuktikan bahwa setelah vaksinasi dilakukan, prokes tetap harus dijalankan secaera  ketat. Memang harus sinergi antara vaksin dengan prokes," katanya.

Dijelaskan oleh Hanung, pada tahap kedua vaksinasi untuk pelayan publik  akan dilangsungkan pada pekan terakhir Februari. Kepada mereka para penerima vaksin, tetap diminta agar menjaga prokes dengan baik. (OL-3)

BERITA TERKAIT