20 February 2021, 18:15 WIB

Ajak para Perempuan Pelaku UMKM Berbisnis secara Online


Mediaindonesia.com | Nusantara

DENGAN perkembangan dunia saat ini dan mengingat wabah pandemi covid-19 yang masih berlangsung, pemerintah mengimbau para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mulai melakukan usaha secara online dan offline. Hal itu selain untuk mencegah peneyebaran virus korona, juga untuk memudahkan mereka sendiri.

Program itu sendiri mendapat dukungan luas, salah satunya dari Elizabeth Zenifer atau dikenal dengan panggilan Mom Eliz, seorang perempuan influencer  lulusan University of Washington. Menurut dia, dalam situasi saat ini masyarakat, khususnya kamu perempuan harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan untuk bisa bertahan.

Baca juga: Pemprov Sumsel Dorong Pemasaran Produk UMKM Melalui Online

Salah satunya adalah dengan mulai membuka toko online bagi mereka yang sudah punya usaha offline. Sebab selain masih kondisi pandemi, hal itu sesuai tuntutan jaman.

"Sebagai seorang pebisnis dan ibu, saya menemukan kenyamanan berbisnis online, karena lebih sesuai dengan prioritas saya mengurus anak dan keluarga. Saya bisa kerja dan komunikasi bersama tim secara online," jelas Mom Eliz.

Ia pun membagikan tips bagi para ibu pekerja atau bagi ibu yang sedang merintis usaha yaitu cobalah untuk belajar delegasi, shifting focus, dan menentukan prioritas, sehingga kita dapat menjalani peran-peran tersebut tanpa mengganggu hal-hal penting lainnya.

Tak hanya itu, ia juga membagikan pengalamannya seputar pengasuhan anak,  tips berbelanja, kebersihan rumah, hingga bagaimana cara ia lepas dari persoalan jerawat. Ia percaya bahwa apa yang ia lakukan semata-mata untuk berbagai manfaat dan kebaikan bagi orang lain, tidak ada tujuan lain.

"Apa yang saya lakukan ternyata mengena di hati ratusan ribu pengikut yang merasa bahwa Mom Eliz hadir sebagai sosok yang tulus dan dapat dipercaya," ujar Mom Eliz dalam keterangan rilisnya Sabtu (20/2).

Secara jujur ia lebih nyaman dengan segala sesuatu yang sederhana dan tampak biasa saja.  "Jadi instagram itu bukan pekerjaan buat saya, pure awalnya aku pakai sebagai wadah pelayanan. Dan aku tidak pernah merasa diri aku sebagai selebgram atau influencer, karna konten aku lebih seputar sharing pengalaman pribadi. Sekedar membagikan apa yg aku alami saja," ucap Mom Eliz.

Selain itu, Mom Eliz juga berujar bahwa ia tidak menerima konten yg bertujuan untuk promosi. Pun seandainya ia menerima tawaran endorsement, itu bukan media promosi tetapi ulasan jujur. "Sebagai pengguna dengan tetap menampilkan bagian positif dan negatif dari produk tersebut," ungkapnya. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT