20 February 2021, 17:25 WIB

Kreator Konten Berhasil Tergandung Daya Tahan Hadapi Tantangan


Haryanto | Nusantara

CEO MEDIA Group News, Mohammad Mirdal Akib, mengatakan keberhasilan seorang kreator konten tergantung dari daya tahan di kreator dalam menghadapi tantangan. Keberhasilan kita ke depan ditentukan daya tahan kita. Menurutnya, seseorang bisa jatuh 100 kali, tapi kalau seseorang itu dapat bertahan, dia pasti berhasil.

''Yang akan sampai bukan yang paling pintar, paling kuat, paling besar. Tapi yang paling berdaya tahan besar," kata  Mirdal Akib dalam dialog Metro TV berbagi tips membuat konten menarik kepada seratusan konten kreator yang tergabung dalam komunitas Santrendelik, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (20/2).

Menurut Mirdal, seorang konten kreator harus menanamkan semangat tinggi bahwa segala tantangan sangat mungkin dilewati. "Im possible."

Setelah semua usaha keras selesai dilewati, Mirdal Akib mengingatkan kepada konten kreator untuk berserah diri kepada Tuhan. Tugas kreator adalah berusaha keras, sementara keberhasilan menjadi urusan Yang Kuasa.

"Kita wajib berusaha, tapi keberhasilan bukan urusan kita. Kita cuma harus fokus. Kalau Anda berharap 10, yang jadi 7, hasilnya kecewa. Tapi kalau Anda berharap kepada Allah, tidak akan kecewa," jelas Mirdal Akib.

Sementara Pemimpin Redaksi Medcom.id, Budiyanto mengatakan, seorang konten kreator harus mampu menciptakan konten yang berkarakter dan berbeda dari yang lain. "Yang lebih menentukan ada dua hal. Bagaimana kita fokus kepada konten dan konsisten terhadap karakter dan konsisten menciptakan diferensiasi," tukasnya.

Dengan menonjolkan konten berkarakter dan berbeda, kata Budiyanto, peluang untuk bersaing dengan kreator-kreator lain menjadi lebih terbuka. "Dengan begitu kita bisa bersaing. Di online basis konten adalah teks, video, dan grafis," ujar Budiyanto menegaskan.

Kegiatan Metro TV Berbagi menghadirkan Mohammad Mirdal Akib selalu CEO Media Group News, Budiyanto selaku Pemimpin Redaksi Medcom.id, dan Hamdan Alkafie selaku News Anchor Metro TV sebagai pembicara. Kegiatan yang berlangsung semarak ini dipandu oleh Fifi Aleyda Yahya selaku Head of Corporate Communications Metro TV.

Dalam kesempatan itu, Budiyanto berbicara seputar pengalamannya memimpin Medcom.id. Sebagai media online yang tergolong baru, kehadiran Medcom.id di Tanah Air berkembang pesat. "Bagaimana Medcom.id cepat berkembang. Pada 2019 sampai 2020 kita dapatkan penghargaan dari media asing sebagai media enterprise," jelas Budiyanto.

Menurut Budiyanto, pesatnya perkembangan Medcom.id karena memiliki karakter dan diferensiasi konten. Budiyanto mengatakan yang khas dari Medcom.id adalah kanal Cek Fakta.

Dengan Cek Fakta, Medcom.id menempatkan diri sebagai media verifikator atas semua informasi di media sosial. Cek Fakta menguji keabsahan informasi dari hoaks, fitnah, dan konten-konten yang bernuansa SARA. "Dalam satu bulan page view luar biasa, bisa 4 juta. Padahal (yang mengelola) cuma satu orang. Sementara kanal lain banyak orang tapi bisa kalah dari Cek Fakta," jelas Budiyanto. (HT/OL-10)

BERITA TERKAIT