21 February 2021, 02:45 WIB

Puluhan Bangkai Paus yang Terdampar Dikubur Di Pesisir Modung


Muhamad Ghazi | Nusantara

TIM evakuasi Pemprov Jawa Timur, mengubur bangkai puluhan paus yang terdampar dan mati di Pesisir Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Sabtu (20/2). Penguburan bangkai ikan itu berlangsung sejak pagi saat air laut surut.

Dua lubang besar sedalam tujuh meter digali menggunakan eskavator. Dan seluruh bangkai paus jenis pilot tersebut dimasukkan dam ditimbun pasir. Masing-masing lubang berisi 25 dan 22 bangkai.

Sebelum dikubur, seluruh bangkai ikan paus tersebut dibedah di bagian perut untuk mrngeluarkan gas karbon agar tidak meledak. Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Timur, Wiwied Widodo, mengatakan pembedahan tersebut merupakan standar yang harus dilakukan pada penguburan bangkai mamalia laut untuk mengeluarkan gas dalam tubuhnya.

"Saat paus mati, tidak ada celah keluarnya sisa gas dalam tubuh. Ini bisa menyebabkan ledakan," kata Wiwied.

Dari 52 ekor ikan paus yang terdampar, kata dia, hanya seekor yang bisa diselamatkan. Sisanya mati karena terjebak di perairan dangkal.

Namun, dari jumlah tersebut, kata Wiwied, hanya 47 bangkai yang bisa dikubur. Sedang empat bangkai lainnya hilang. Diduga empat bangkai tersebut terseret arus atau tertutup lumpur.

"Kami sudah mengerahkan dua kapal untuk mencari sisa bangkai tersebut agar tidak mencemari lingkungan. Kami juga meminta warga agar mencarinya di wilayah pesisir," katanya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT