20 February 2021, 16:50 WIB

PPKM Mikro, Desa Pemecutan Kaja Denpasar Rutin Bagi Masker Gratis


Ruta Suryana | Nusantara

SEJAK Pemerintah Kota Denpasar mengeluarkan Surat Edaran tentang pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, Desa Pemecutan Kaja, Denpasar rutin melaksanakan sosialisasi dan sekaligus membagikan masker gratis. Seperti Sabtu (20/2), kegiatan sosialisasi dan pembagian masker gratis dilaksanakan di wilayah Kertasari.

Perbekel (Kepala Desa) Pemecutan Kaja, IB Putu Sudhiarta mengatakan, sosialisasi yang dilakukan yakni memberikan pemahaman kepada msyarakat untuk menaati protokol kesehatan dengan 6 M, yakni memakai masker standar dengan benar, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi bepergian, meningkatkan imun, dan menaati aturan.

Dalam sosialisasi itu, kata Sudhiarta, petugas masih menemukan 10 orang pelanggar yang tidak menggunakan masker dan ada juga yang menggunakan masker tapi tidak pada tempatnya. "Karena mereka baru pertama kali melakukan kesalahan kami hanya memberikan pembinaan. Jika dikemudian hari lagi ditemukan, maka akan diserahkan ke Satpol PP Kota Denpasar untuk ditindaklanjuti," ungkap Sudhiarta.

Tidak hanya ditujukan kepada masyarakat, kegiatan sosialisasi ini juga diberikan kepada pelaku usaha. Hal ini dengan harapan agar mereka menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitaizer dan masker.

Setelah melakukan sosialisasi beberapa kali, pihaknya melihat masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menaati protokol kesehatan. Hal itu terbukti dari jumlah pelanggar protokol kesehatan yang semakin menurun dibandingkan pelaksanaan sosialisasi sebelumnya. ''Dengan semakin sadarnya masyarakat diharapkan bisa menekan penularan covid- 19,'' harapnya. (RS/OL-10)

BERITA TERKAIT