19 February 2021, 18:32 WIB

Cilacap Belum Akan Lakukan Kegiatan Belajar Tatap Muka


Lilik Darmawan | Nusantara

KEGIATAN belajar mengajar (KBM) tatap muka mulai dari SD, SMP hingga SLTA di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) masih belum dilaksanakan meski Cilacap kini berada di zona oranye penyebaran Covid-19.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Cilacap Kastam mengatakan bahwa sesuai dengan surat edaran Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, bahwa KBM tatap muka masih belum dapat dilangsungkan.

"Sebetulnya, dari Bupati Cilacap telah mengizinkan,  tetapi karena ada surat edaran dari Gubernur yang melakukan penundaan,  maka Cilacap mengikuti provinsi," jelas Kastam, Jumat (19/2).

Dijelaskannya, sebenarnya telah ada 156 sekolah yang mengantongi izin menyelenggarakan KBM tatap muka. Tetapi, karena ada  kebijakan Gubernur, maka 156 sekolah tersebut juga melakukan penundaan. "Namun demikian, jika nantinya sudah ada izin, maka seluruh aspek KBM  tatap muka telah dilaksanakan,"ujarnya.

Kastam mengharapkan pandemi covid-19 segera berakhir, sehingga KBM tatap muka dapat dilaksanakan. "Masih banyak areal di Cilacap yang susah sinyal, sehingga pembelajaran daring masih kurang optimal. Karena itu semoga saja pandemi segera berakhir dan KBM tatap muka dapat dilaksanakan," tandasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT