19 February 2021, 08:00 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Meningkat, Enam Meninggal


Djoko Sardjono | Nusantara

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, bertambah 50 orang terkonfirmasi positif, Kamis (18/2). Kali ini terdapat 27 pasien yang sembuh setelah menjalani perawatan dan enam orang meninggal dunia.

Jumlah kasus positif covid-19 akumulatif 5.515 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 4.819 orang sembuh, 343 meninggal dunia, dan 353 orang menjalani perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Cahyono Widodo, melaporkan penambahan 50 kasus positif baru berasal dari 24 kecamatan. Penyumbang terbanyak Kecamatan Kalikotes, yakni tujuh orang.

"Penambahan 50 kasus terkonfirmasi positif, 25 orang di antara mereka merupakan kontak erat kasus positif covid-19, lima tertular di luar daerah, dan 20 orang terpapar saat melakukan aktivitas di Klaten," katanya.

Di sisi lain, pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 27 orang ialah warga asal 12 wilayah kecamatan. Sebelumnya, mereka dirawat di rumah sakit dan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

Sekali pun dinyatakan sudah sembuh, kata Cahyono, mereka tetap diharuskaan untuk melakukan isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Tujuannya, kondisi pasien yang baru sembuh itu benar-benar sehat.

Kemudian, dari enam orang yang meninggal, empat terkonfirmasi positif. Mereka warga Kecamatan Gantiwarno, Kalikotes, Prambanan, dan Juwiring. Dua lainnya pasien asal Kecamatan Cawas dan Ceper.

Kasus covid-19 di Klaten belum mereda. Masyarakat diimbau agar mematuhi protokol kesehatan 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. (OL-14)

BERITA TERKAIT