15 February 2021, 09:44 WIB

Jalan menuju Objek Wisata Guci Tegal yang Ambles Mulai Diperbaiki


SUPARDJI RASBAN | Nusantara

JALAN menuju Obyek Wisata (Guci) di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang di sejumlah titik retak dan ambles, belum normal meski mulai diperbaiki.
     
Kendaraan terutama roda dua, masih harus didorong dengan susah payah untuk bisa melintas. Kendaraan roda empat yang yang melintas juga harus didorong dengan susah payah, itu pun kendaraan angkutan lokalan. Sedangkan pengunjung dari luar daerah yang hendak ke Guci menaiki mobil tidak bisa sama sekali karena memang dilarang.
     
Perbaikan badan jalan yang retak dan ambles hanya bisa dilakukan dengan alat berat ukuran kecil, karena medannya yang berat sehingga alat berat tidak bisa menjangkau titik-titik jalan yang rusah/ retak dan patah-patah serta ambles.
     
"Karena berbarengan dengan pengendara sepeda motor yang ramai-ramai melintas (meski dengan didorong) jadi perbaikan jalan tidak bisa maksimal. Sebentar berhenti sebentar berhenti apalagi jalan ke guci kondisi tanahnya juga masih labil," ujar petugas dari Polres Tegal, IPDA Priyo Dwi Susanto.
     
Sementara itu, meski material longsor di sejumlah titik yang menutup ruas jalan wilayah Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal jurusan Kota Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, telah dibersihkan namun ruas jalan propinsi tersebut masih terputus akibat gorong-gorong jembatan yang ambrol dan berlubang.
     
Hingga Minggu (14/2/2021), belum ada penanganan jalan yang ambrol dan berlubang tersebut sehingga arus lalu lintas dialihkan sejauh 60 kilometer dari arah Sirampog menuju OW Guci. Petugas dari Dinas PU Brebes, Wawan, menuturkan badan jalan di jembatan yang gorong-gorongnya ambrol dan berlubang tersebut belum bisa diperbaiki lantaran alat berat tidak bisa menjangkau ke lokasi.
     
"Rencananya mau segera diperbaiki tapi alat beratnya tidak bisa sampai ke sini karena akses jalan yang menuju OW Guci dari arah tegal kan juga sedang rusak," ujar Wawan.
     
Hujan yang terus mengguyur beberapa hari terakhir, membuat akses jalan ke OW Guci baik dari arah Kota Tegal maupun arah selatan yakni Kota Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, mengalami reta-retak dan ambles di sejumlah titik. Di ruas jalan Desa Batursari, Kecamatan Sirampog (Brebes) bahkan timbul lubang berukuran besar pas di Jembatan Kali Pedes, karena sebelumnya diterjang banjir bandang. (JI/OL-10)

BERITA TERKAIT