11 February 2021, 14:30 WIB

Wabup Dilantik jadi Bupati Lutim untuk Enam Hari Saja


Lina Herlina | Nusantara

GUEBERNUR Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah melantik Wakil Bupati Luwu Timur (Lutim) Irwan Bachri Syam menggantikan Thoriq Husler, Bupati Luwu Timur yang meninggal dunia, setelah sempat terinfeksi covid-19, Desember 2020 lalu.

Pelantikan yang tetap mengedepankan protokol kesehatan itu digelar di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Kamis (11/2). Karena surat keputusan yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian baru diterima Nurdin Abdulla 10 Februari 2021.

Irwan Bachri Syam akan menjabat bupati selama enam hari, 11 sampai 16 Februari 2021, setelah Surat Keputusan (SK) pelantikan Bupati baru pemenang pilkada serentak 2020 dari Kemendagri sudah ada, Nurdin Abdullah kembali akan melantik bupati yang baru terpilih, yang seharusnya dilaksanakan 17 Februari.

Tapi karena Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Luwu Timur bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK), maka pelantikan menunggu hasil MK keluar. "Kalau SK belum keluar dari Kemendagri, maka akan ada PLH (Pelaksana tugas harian) yaitu Sekda," seru Nurdin Abdullah.

Sementara itu, Irwan mengatakan, meski dilantik hanya enam hari sisa masa jabatan, itu tidak masalah buatnya. Karena sejak beberapa waktu lalu, sepeninggalnya Bupati Thoriq Husler. "Sebagai wakil bupati saya sudah melaksanakan tugas dengan baik dan pascameninggalnya Almarhum Bupati Thoriq Husler. Secara otomatis apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab bupati saya ambil alih hingga saat ini, meski baru dilantik sebagai bupati hingga akhir jabatan enam hari ke depan," katanya.

"Insyaallah kerja akan dimaksimalkan disisa masa jabatan, baik itu urusan pemerintahan dan layanan publim kepada masyarakat. Termasuk fokus pelayanan pada pandemi. Fokus pada penanganan dan pencegahan covid-19. Dan alhamdulillah sudah dilaksanakan sampai hari ini," sambung Irwan.

Terkait kasus covid-19 yang terkonfirmasi meningkat di Luwu Timur, Irwan menambahkan jika pihaknya membuka Rumah Sakit darurat atau rumah sakit lapangan, bekerja sama dengan PT Vale, yang sudah mulai dimanfaatkan dan digunakan bersama dengan masyarakat umum.

Ketua NasDem Luwu Timur ini pun menambahkan jika setelah akhir masa jabatannya nanti, dirinya menunggu proses lanjutan sebelum pelantikan bupati terpilih di sana. Lantara sebagai kontestan Pilkada di Luwu Timur, Irwan sebagai calon bupati sedang menjalani gugatan di MK sebagai pemohon. Dia bersama wakilnya Andi Rio Patiwiri Hatta sedang menunggu putusan sela MK pada 15 atau 16 Februari mendatang.

"Informasi yang kami dapat pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Lutim terpilih setelah sudang MK dilaksanakan. Jadi kemungkinan April. Sebagai pemohon alhamdulillah sudah berproses secara normal, dan jami sudah sampaikan bukti. Termohon juga sudah sampaikan jawaban. Tinggal menunggu putusan sela. Mohon doata' semua, mudah-mudahann rencana kami dimudahkan dan diijabah Allah. Aamiin," tutup Irwan. (OL-13)

Baca Juga: Jumlah Penumpang Kereta Melonjak Jelang Libur Imlek

BERITA TERKAIT