10 February 2021, 12:10 WIB

Tiga Tiang Listrik Roboh, Jalan Provinsi Macet 5 Kilometer


Kristiadi | Nusantara

HUJAN deras yang melanda Tasikmalaya sejak malam telah menyebabkan tiga tiang listrik roboh salah satunya menimpa jalan Provinsi Jawa Barat, Rabu (10/2) hingga menyebabkan arus kendaraan dari arah Tasikmalaya menuju Kota Tasikmalaya macet total sepanjang lima kilometer.

Tiang listrik roboh ini terjadi di Kampung Citamiang, Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya sekitar pukul 08.00 WIB hingga mengakibatkan ribuan masyarakat tidak bisa menikmati jaringan listrik karena kondisinya padam. Tiga tiang listrik yang telah roboh itu masih terus dievakuasi petugas PLN dibantu anggota Polisi dan TNI.

Pantauan Media Indonesia di jalan Provinsi Jabar ini, terdapat antrean kendaraan panjang dari arah Kabupaten Tasikmalaya menuju Kota Tasikmalaya dan mereka harus terhenti secara total mengingat tiang listrik roboh menimpa ruas jalan. Sedangkan, dua tiang listrik lainnya menimpa bangunan pabrik dan lahan kosong hingga pohon berukuran besar pun roboh.

Kapolsek Sukaraja IPTU Puryono mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat telah terjadi tiang listrik roboh salah satunya menghalangi jalan Provinsi Jabar tepatnya di KM 24,600. Namun, kejadian itu tidak adanya korban jiwa tetapi ada sebuah bangunan yang tertimpa tiang listrik dan tertimpa pohon tapi sekarang petugas PLN masih mengevakuasi tiga tiang yang roboh.

"Petugas dari PLN Tasikmalaya dibantu TNI dan Polisi melakukan pengaturan lalu lintas di dua jalur. Karena, kemacetan tersebut terjadi di dua jalur menuju Kota Tasikmalaya hingga arah Kabupaten Tasikmalaya. Kemecatan total yang terjadi lebih dari 5 kilometer, karena dari PLN terus berupaya mengevakuasi tiang yang roboh apalagi kondisi hujan deras masih terus terjadi," katanya, Rabu (10/2/2021).

Sementara itu, petugas PLN Tasikmalaya, Andi mengatakan, hujan deras yang terjadi selama ini telah mengakibatkan tiga tiang listrik roboh menghalangi jalan Provinsi Jabar dan untuk dua tiang lainnya menimpa bangunan pabrik hingga ke lahan kosong. Namun, kejadian itu tidak menyebabkan korban jiwa tetapi proses evakuasi tiang listrik mengalami kendala.

"Memang proses evakuasi tiang listrik yang roboh itu mengalami kendala terutama beban berat. Dan hujan deras juga masih terus terjadi. Akan tetapi, untuk proses pembukaan jalan sekarang sudah dilalui setelah petugas berupaya menarik ke sebelah kiri jalan namun untuk jaringan listrik kepada masyarakat akan secepatnya dihidupkan setelah semua proses selesai dilakukan," ujarnya. (AD/OL-10)

BERITA TERKAIT