10 February 2021, 10:57 WIB

Siswa Disabilitas Intelektual Jalani Observasi di Temanggung


Tosiani | Nusantara

PARA siswa disabilitas intelektual menjalani observasi di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, sejak pekan lalu. Mereka merupakan siswa baru yang memulai bimbingan pada tahun ini.

Koordinator PM residensial BBRSPDI Kartini Temanggung Richa Nurhayati mengatakan para siswa yang berjumlah 12 orang ini dijemput langsung ke rumahnya mulai pada tanggal 1,3 dan 8 Februari. Mereka berasal dari Magelang, Temanggung (Jawa Tengah) dan Madiun (Jawa Timur). Rata-rata usia mereka di atas 18 tahun.

Pada saat observasi, para penyandang disabilitas intelektual diarahkan untuk membuat berbagai kerajinan dan keterampilan antara lain membuat keset dari anyaman tali, belajar beternak dan budi daya tanaman hias. Keterampilan lainnya adalah menjahit dan jasa laundry pakaian.

"Nantinya akan diketahui kemampuan bakat dan potensi yang dimiliki siswa dari berbagai keterampilan itu sebagai bekal untuk menempatkan mereka pada jurusan yang akan ditekuni secara intens," ujar Richa di Temanggung, Rabu (10/2).

Baca juga:  Siswa Disabilitas Intelektual Mulai Dijemput Ke Asrama Sekolah

Di BBRSPDI Kartini Temanggung, siswa akan menjalani berbagai program pendidikan selama maksimal enam bulan. Mereka tinggal di asrama dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Setelah selesai menjalani pendidikan, mereka akan dilepas untuk kembali ke keluarga dan masyarakat agar lebih mandiri dengan berbekal keterampilan yang diperoleh.

"Biasanya sebelum enam bulan mereka sudah cukup menguasai keterampilan yang diajarkan dan mampu mandiri. Waktu enam bulan itu maksimal waktu yang didapat anak-anak belajar disini," tutur Richa.(OL-5)

BERITA TERKAIT