09 February 2021, 17:41 WIB

Usai Dikritik, Bupati Bandung Barat Janjikan Perbaikan Jalan


Depi Gunawan | Nusantara

SETELAH mendapat kritik masyarakat, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Selasa (9/2) akhirnya turun langsung melihat kondisi kerusakan jalan yang terjadi. Aa Umbara langsung menjanjikan akan segera melakukan perbaikan jalan yang mengalami kerusakan.

Ia beralasan, terlambatnya perbaikan jalan karena pihaknya menunggu pinjaman dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Mestinya, di tahun lalu sudah beres dikerjakan tapi terpaksa diundur karena pandemi Covid-19.

"Untuk memperbaiki jalan, sejak awal kami hanya mengandalkan pinjaman PT SMI. Kami sebelumnya memang tidak menganggarkan dari APBD karena tidak akan cukup," kata Aa Umbara.

Pihaknya meminjam sekitar Rp285 miliar untuk memperbaiki sepanjang 72 kilometer jalan di wilayah selatan. Saat ini, dia menyatakan, administrasi peminjaman sedang dalam proses.

"Sekarang lagi proses, mudah-mudahan minggu ini bisa selesai, ada satu surat lagi belum selesai. Minggu depan bisa dilelangkan, April mulai kontruksi," terang Aa Umbara.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemkab Bandung Barat, Aan Sopiyan menjelaskan, pihaknya berupaya menuntaskan perbaikan jalan dengan betonisasi. "Jadi totalnya 72 kilometer. Nanti perbaikannya dibeton," ujarnya.

Sebelumnya, Aa Umbara mendapat kritikan dari masyarakat terkait kerusakan infrastruktur jalan di sejumlah wilayah. Bahkan kekesalan warga diluapkan saat bupati merayakan hari ulang tahun ke-58 di jejaring media sosial Facebook.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bandung Barat, Dadan Supardan mengakui pihaknya menerima banyak keluhan terkait kondisi jalan yang rusak. Bahkan, nyaris setiap hari dirinya menerima laporan pengendara motor yang mengalami kecelakaan karena rusaknya jalan.

"Banyak sekali, tiap hari ada saja yang kecelakaan. Kami sudah pernah mengecek di lapangan, kalau enggak salah, panjang jalan yang harus cepat diperbaiki mencapai 72 kilometer," kata Dadan, beberapa hari lalu. (OL-15)

BERITA TERKAIT