09 February 2021, 17:16 WIB

Edukasi Prokes Makin Gencar Dilakukan


Mohammad Ghazi | Nusantara

KEGIATAN penyadaran untuk penerapan protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Pamekasan, makin gencar dilakukan. Hampir setiap hari Satgas Covid-19 setempat menggelar razia terutama di pusat-pusat keramaian, seperti pasar, swalayan dan terminal.

Razia yang melibatkan unsur kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, juga dilakukan di sejumlah ruas jalan di pusat kota. Kepala Polres Pamekasan, AKBP Apip Ginanjar, mengatakan selain razia dan menerapkan sanksi bagi pelanggar, Satgas juga memberi penyadaran tentang pentingnya  penerapan prokes.

"Setelah mereka didata dan diberi sanksi ringan, mereka kami beri penyadaran tentang prokes dan diberi masker untuk dipakai," kata Kapolres,Selasa (9/2).

Kapolres mengatakan upaya penyadaran yang dilakukan Satgas Covid-19 Pamekasan dilakukan secara massiv hingga ke tingkat desa melalui pertemuan-pertemuan warga.

Itu dilakukan setelah dilakukan evaluasi, disimpulkan bahwa kesadaran masyarakat untuk menerapkan prokes semakin menurun. Terbukti, makin banyak
warga yang tidak memakai masker saat berada di tempat-tempat ramai.

Di tingkat desa, upaya penyadaran itu dengan mengerahkan unsur Bhabinkamtibmas, Babinsa dan unsur tenaga kesehatan yang ada di masing-masing desa.

"Semua potensi dikerahkan untuk upaya penyadaran ini. Bukan hanya dari unsur tenaga kesehatan di desa, tapi juga Bhabinkamtib dan Babinsa juga wajib terlibat," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Dugan Korupsi Puskesmas Bola Belum P21

BERITA TERKAIT