05 February 2021, 13:00 WIB

Citilink Buka Rute ke Ternate Mulai 15 Februari


Hijrah Ibrahim | Nusantara

SETELAH melalui pembicaraan yang cukup panjang antara Kementerian Perhubungan dengan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, akhirnya maskapai Citilink membuka rute Jakarta- Ternate dan sebaliknya. 

"Iya benar, kami sudah dikonfirmasi maskapai Citilink akan masuk ke Bandara Udara Sultan Babullah Ternate. Ini adalah penerbangan perdana Citilink dari Jakarta-Ternate," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, Armyn Zakaria kepada wartawan, Jumat (5/2).

Berdasarkan surat yang diterima Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara, penerbangan perdana anak perusahaan Garuda Indonesia ini dilakukan pada 15 Februari 2021 mendatang. Penerbangan perdana pesawat dengan nomor penerbangan QG-220 HLP-TTE ini dijadwalkan pukul 22:30 WIB dari dari Bandara Udara Halim Perdana Kusuma dan tiba di bandara Udara Sultan Baabullah Ternate pukul 02:30 WIT.

"Penerbangan perdana ini pesawat langsung balik ke Jakarta (TTE-HLP) sesuai jadwal pukul 03:25 WIT dan tiba pukul 07:00 WIB," kata Armyn.

Menurut Armyn, ini adalah sebuah terobosan besar, di tengah kondisi pandemi Covid-19 masih ada maskapai yang membuka rute penerbangan baru masuk ke Ternate.

"Ini adalah salah satu upaya komunikasi Gubernur dengan Kementerian Perhubungan dan juga maskapai penerbangan," katanya.

baca juga: Aksi Unjuk Rasa Warnai Sidang Perdana Penipuan Investasi Singkong

Kehadiran Citilink akan mendukung pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional di Sofifi dan Sail Tidore tahun 2021. Dua event ini akan menghadirkan ribuan orang dari berbagai daerah ke Maluku Utara.

"Ini juga membantu masyarakat untuk melakukan perjalanan khususnya melalui jalur udara," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT