05 February 2021, 09:19 WIB

Jembatan Rembun di Perbatasan Pekalongan-Pemalang Ambles


Akhmad Safuan | Nusantara

JEMBATAN Rembun penghubung perbatasan Pekalongan-Pemalang ambles dan nyaris rubuh. Lalu lintas kendaraan di jalur Pantura Jakarta-Semarang tersendat dua kilometer dan disarankan melintas di ruas jalan tol Trans Jawa, Jumat (5/2).

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetatan total akibat satu jembatan ke arah barat tersebut ambles, petugas kepolisian membuat sistem contraflow dengan memanfaatkan satu jembatan tersisa untuk kendaraan baik dari arah barat (Jakarta) maupun arah timur (Semarang).

"Disarankan kendaraan antar kota melintasi jalan tol agar tidak terjebak kemacetan akibat penumpukan di sini. Kendaraan melintas Pantura terpaksa harus berjalan merambat karena hanya menggunakan satu jembatan tersisa," kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Pekalongan Ajun Komisaris Pipit Witiyaningsih.

Jembatan Rembun mengalami ambles sekitar pukul 19.40 WIB, lanjut Pipit, ketika ada sebuah truk dari arah Semarang menuju Jakarta melintas, meskipun akhirnya dapat lolos karena jembatan tidak sampai rubuh. Namun untuk menghindari kerusakan lebih parah maka kendaraan dari dua arah diarahkan ke satu jembatan dengan sistem contra flow.

baca juga: BMKG: Cirebon akan Dilanda Hujan dan Angin Kencang Selama 3

Petugas PPK 1.2 Dirjen Bina Marga Jawa Tengah Viki Verianto mengatakan jembatan Rembun mengalami ambles sekitar dua meter, hal ini terjadi diduga akibat gerusan air pada pondasi jembatan akibat meningkatnya volume sungai saat musim hujan.

"Kita sudah siapkan rangka baja pengganti untuk mengatasi amblasnya jembatan, segera jembatan diperbaiki kembali," ujar Viki. (OL-3)

BERITA TERKAIT