29 January 2021, 18:50 WIB

DBD Telan Korban Jiwa, Pangkalpinang Ambil Langkah Antisipatif


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Mas Agushakim menyebutkan pada Januari 2021 sudah ada satu korban meninggal akibat Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Ya memang benar untuk kasus DBD sudah ada satu yang meninggal di Kota Pangkal Pinang," kata Agushakim, Jumat (29/1).

Ia menyebutkan perkembangan nyamuk aedes aegypti harus diwaspadai. Pasalnya hingga 28 Januari 2021, sudah 6 kasus DBD yang ditemukan akibat gigitan nyamuk tersebut.

"Memang bulan ini DBDnya tak sebanyak tahun lalu ada periode yang sama, tapi tetap harus di aspadai. Sebab selain Covid-19, DBD ini juga bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani medis,"ujarnya.

Dengan sudah adanya 6 kasus DBD ini, jelas Agushakim, pihaknya sudah  melakukan fogging di enam wilayah ditemukannya kasus DBD. "Fogging sudah kita lakukan, untuk antisipasi merebaknya DBD saat musim hujan ini,"ungkap dia.

Kepada masyarakat, ia mengimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Pastikan jangan sampai ada air yang tergenang sebab nyamuk  akan berkembang biak di air yang tergenang.

"Upayakan kalau ada air di kaleng atau tempat apapun upayakan di buang, bak mandi harus selalu di bersihkan sehingga jentik nyamuk tidak
berkembang biak dan jaga selalu kebersihan lingkungan," imbuh dia. (OL-15)

BERITA TERKAIT