29 January 2021, 14:47 WIB

Banjir Rendam Kota Pekalongan, 101 Warga Mengungsi


Akhmad Safuan | Nusantara

BANJIR rendam sebagian Kota Pekalongan, akibatnya 101 warga mengungsi ke wilayah yang  lebih tinggi. Peristiwa itu terjadi  dini hari tadi karena intensitas curah hujan cukup tinggi sehingga Sungai Loji meluap genangi kota 80 sentimeter.

Ratusan saat ini ditampung di Gedung Serbaguna Eks Kelurahan Sampangan, Mako Pemuda Pancasila Kota Pekalongan dan gedung Yayasan Gotong-royong

 ‘’Setidaknya ada 101 jiwa warga yang diungsikan ke tiga gedung itu,’’ kata Kepala Seksi  Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Pekalongan Dimas Arga Yudha, Jumat (29/1).

Banjir di Kota Pekalongan ini, demikian Dimas Arga Yudha, merupakan untuk ketiga kalinya terjadi di daerah ini, tingginya intensitas hujan di Kabupayen/Kota Pekalongan menjadikan Sungai Loji meluap.

Baca juga : Sembilan Titik Longsor Tutup Ruas Jalan di Manggarai

‘’Ini merupakan banjir kiriman dari daerah selatan (Kabupaten Pekalongan),’’ tambahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan Suminta mengatakan saat ini dalam menghadapi bencana banjir telah mulai didistribusikan logistik dan obat-obatan ke wilayah terendam, bahkan didirikan dapur umum di tiga lokasi pengungsian untuk menjamin kebutuhan warga.

Bencana banjir di Kota Pekalongan, ungkap Suminta, dikarenakan tiga sebab yakni intensitas hujan tinggi, kiriman dari daerah atas dan air laut pasang (Rob).

‘’Jadi banjir di sini datang dari atas dan bawah, sehingga cukup sulit mengatasi  jika datang pada saat bersamaan,’’ imbuhnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT