28 January 2021, 20:42 WIB

Petugas Siap Tembak Penjahat Jalanan di Tasikmalaya


Adi Kristiadi | Nusantara

TIM Maung Galunggung yang dibentuk Polresta Tasikmalaya siap menembak di tempat pelaku kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat. Termasuk ulah geng motor yang menggangu ketertiban

"Kami membentuk Tim Maung Galunggung, petugas terpilih yang terlatih dengan sasaran memburu pelaku kejahatan termasuk geng motor, knalpot bising. Jika pelaku nekat melawa, kami tak segan menembak di tempat," kata Kapolresta Tasikmalaya, AKB Doni Hermawan, Kamis (28/1/2021).

Selain bertindak tegas, jelas Doni, tim yang berjumlah 30 personil ini juga akan membantu menegakkan aturan protokol kesehatan. Kehadiran Tim Maung Galunggung ini diharapkan mampu memberikan rasa aman bagi masyarakat

"Anggota dalam tim ini memiliki kualifikasi dari lintas fungsi. Meraka diintruksikan jarang ragu bertindak tegas terhadap para pelaku kejahatan jalanan seperti pencurian sepeda motor, curas, klanpot bising," ujarnya.

Tim Maung Galunggung, ungkap Kapolres, akan beroperasi pada malam Sabtu dan Minggu. Berkonsep melindungi masyarakat dari tindak kejahatan jalanan agar angka kriminalitas menurun. Namun dalam praktiknya tim tetap mengedepankan prosedur dan ketetapan (protap) kepolisian dan humanis.

"Protop nomor satu, kalau pelaku kejahatan melawan dan diperingatkan pertam dan keuda tidak nurut, ya akan dilakukan tindakan tegas terukur. Kalau pelaku kejahatan mengancam jiwa warga atau petugas, bisa kita tembak langsung," tegas Kapolres Doni. (OL-13)

Baca Juga: Geng Motor Pembacok Polisi di Cianjur Residivis Baru Keluar Bui

BERITA TERKAIT