28 January 2021, 14:50 WIB

Longsor Tutup Akses Enam Desa dan ke Kota Mabar


John Lewar | Nusantara

LONGSOR di Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), NTT mengakibatkan jalan penghubung enam desa terputus.

Longsor itu juga memutuskan akses lalu lintas menuju ke gedung sekolah SMA Tentang Ndoso, selain memutuskan akses transportasi ke beberapa desa dan menuju Kecamatan lain dan ibu kota Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat, longsor juga menghantam 1 bangunan dapur milik masyarakat kampung Tentang hingga rusak parah.

"Longsor terjadi tadi malam pukul 23.00 waktu setempat sehinggah akses lalu lintas jalan menuju ke beberapa desa, ibu kota kecamatan dan kota Labuan Bajo putus total," ujar Frans Tote, Camat di Kecamatan Kuwus Barat, di pedalaman Kabupaten Mabar saat dhubungi via telepon, Kamis (28/1)

Dia mengaku saat ini masih melakukan komunikasi dengan warga setempat agar lebih berhati-hati terhadap bahaya longsor di wilayah itu.

Frans menambahkan proses evakuasi material longsong masih membutuhkan alat berat agar bisa di lalui karena jalan putus total. Warga tak bisa berbuat banyak di tengah guyuran hujan yang saat ini sangat lebat.

Dia menyebut, yang bisa dia lakukan saat ini berjalan dari beberapa wilayah desa menyampaikan untuk kewaspadaan dini terhadap masyarakat akibat terjadinya hujan lebat yang disusul dengan longsor.

Sebelumnya, Kepala Stasiun BMKG Labuan Bajo, Sti Nenote'k telah menyampaikan peringatan dini terhadap 12 Kecamatan yang berada di dataran tinggi, seperti Kecamatan Kuwus,Kuwus Barat, Kecamatan Pacar, Welak Sanogoang Mbililing dan kecamatan Boleng.

"Warga dan aparat setempat agar meningkatkan kewaspadaannya, untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat bencana alam," katanya.(OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 Sulsel Masih Fluktuatif, Angka Kesembuhan 89,7%

 

BERITA TERKAIT