27 January 2021, 18:23 WIB

Pemkab Bangka Barat Waspadai Klaster Pesantren Covid-19


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

BELASAN pelajar di Kabupaten Bangka Barat (Babar) Provinsi Bangka Belitung (Babel) terpapar Covid-19. Hal itu diungkapkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Bangka Barat, M Putra Kusuma, Rabu (27/1).

Ia mengatakan pada 23 Januari 2021, diketahui ada delapan pelajar yang positif. Berselang sehari (24/3), lima pelajar lainnya dinyatakan positif mengidap virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok tersebut.

"Mereka saat ini menjalani karantina di Wisma Karantina dan RSUD  Sejiran Setason Babar. Para pelajar ini sekolah di salah satu pesantren di Pangkalpinang. Kami juga sudah melakukan identifikasi dan  inventarisir untuk memblocking penyebaran meluas," jelasnya.

Di sisi lain, Pemkab Bangka Barat telah memulai program vaksinasi COVID-19 serentak sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19. Di tahap awal, Pemkab melakukan vaksinasi kepada kepada 10 orang pejabat setempat.

"Masyarakat tidak perlu takut disuntik vaksin, sebab para pemimpin daerah sudah memberikan contoh untuk disuntik terlebih dahulu," kata Bupati Bangka Barat Markus.

Pada kegiatan itu, Bupati menjadi orang pertama yang diberikan suntikan vaksin oleh para petugas kesehatan dalam kegiatan itu, disusul Kapolres AKB Fedriansah dan Komandan Kodim 0431/BB Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa.

"Vaksinasi memberikan kita rasa tenang dan kami berharap program ini berjalan lancar diberikan kepada seluruh warga yang memenuhi syarat agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan bisa beraktivitas normal kembali," kata Markus. (Ant/OL-15)

BERITA TERKAIT