27 January 2021, 17:50 WIB

Jembatan Penghubung Dua Desa di Brebes Putus


Supardji Rasban | Nusantara

HUJAN yang terus mengguyur di wilayah Desa Mlayang dan Desa Manggis, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyebabkan putusnya jembatan Kalisalam yang menjadi penghubung antardua desa tersebut.

Jembatan yang terputus berukuran panjang 9 meter dengan lebar 3 meter itu dipicu kondisi tanah di sekitar jembatan yang sebelumnya retak-retak.

"Sebelumnya memang sudah retak akibat tanah bergerak, hingga akhirnya ambrol," ujar aggota Kodim 0713/ Brebes, Peltu Sugiharto, Rabu (27/1). Agar kedua desa tersebut tidak terisolasi, Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kecamatan Bumiayu, Polri dan sejumlah komponen masyarakat kedua desa akan membuat jembatan darurat.

"Kami juga memasang semacam rambu untuk tanda-tanda peringatan dari bambu agar tidak terjadi kecelakaan lalu-lintas," terang Sugiharto.

Kepala Desa Mlayang, Abdul Khafid, menuturkan jembatan itu merupakan akses utama perekonomian warga antara Desa Mlayang ke Desa Manggis yang selanjutkan merupakan akses ke Kota Kecamatan. "Kami mohon bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes agar secepatnya memperbaiki jembatan yang terputus serta jalan-jalan yang rusak di Desa Mlayang karena merupakan wewenang Pemkab," pinta Khafid. (OL-14)

BERITA TERKAIT