27 January 2021, 11:21 WIB

Banjir Kalsel Sebabkan Pasokan Kedelai ke Palangka Raya Minim


Surya Sriyanti | Nusantara

BANJIR yang melanda Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ternyata berdampak pada minimnya pasokan kedelai ke Palangka Raya. Karena distribusi kedelai dari Banjarmasin tidak bisa dilakukan atau tersendat.

Seperti yang dialami Pak Samuji, pengusaha pabrik tahu dan tempe rumahan di Jalan Pilau, Kota Palangka Raya. Samuji mengaku sudah beberapa hari tidak bisa produksi lantaran bahan baku yang diperlukan tidak bisa dikirim dari Banjarmasin.

"Sudah tiga hari ini kami tidak memproduksi tahu dan tempe karena kedelai tidak bisa dikirim ke Palangka Raya dari Banjarmasin akibat bencana alam banjir," ujarnya saat diwawancarai, Selasa (26/1).

Dikatakan Samuji, masih ada beberapa pabrik tahu dan tempe yang ada di Kota Palangka Raya. Sebagian masih ada yang memproduksi dengan mengandalkan stok bahan baku kacang kedelai yang tersedia sebelumnya.

''Namun untuk pasokan kedelai  baru belum bisa dikirim karena banjir. Dan yang digunakan para pedagang tempe dan tahun saat ini adalah sisa
pasokan yang ada.'' keluhnya.

Samuji berharap, beberapa hari ke depan pasokan kacang kedelai bisa didistribusikan ke Palangka Raya dari Banjarmasin. Agar pabrik tahu dan tempe yang dikelolanya bisa beroperasi kembali untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Palangka Raya. (SS/OL-10)

BERITA TERKAIT