26 January 2021, 19:35 WIB

Vaksin Sinovac Tahap I untuk Pamekasan Sudah Tiba


Mohammad Ghazi | Nusantara

SEBANYAK 2.023 dosis Vaksin Sinovac atau Vaksin Covid-19 jatah Untuk Kabulaten Pamekasan, Jawa Timur, sudah diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Selasa (26/1).

Vaksin dibawa sebuah berlogo Biofarma dengan pengawalan ketat anggota Brimob Polda Jatim langsung menuju Kantor Dinas Kesehatan di Jalan Jokotole. Bupati Pamekasan, Baddruttamam, langsung menggelar rapat singkat bersama Satgas Covid-19 di Ruang Pringgitan Pendopo Ronggosukowati.

Usai rapat, kepada jurnalis, Baddrut mengatakan, pihaknya memastikan program vaksinasi akan dimulai pekan ini dengan memprioritaskan tenaga kesehatan dan pejabat Pemkab. "Ini tindak lanjut dari rapat sebelumnya yang menyepakati jadwal vaksinasi dan sasaran prioritas vaksinasi tahap pertama," katanya.

Sesuai kesepakatan, kata dia, vaksinasi tahap pertama itu akan dimulai Rabu (27/1), dengan pencanangan program yang akan dilakukan di Puskesmas Kowel.

Di Pamekasan, jelas Baddruttamam, terdapat 3.032 orang tenaga kesehatan yang harus divaksin. Jumlah tersebut belum termasuk pejabat dan tenaga influenser. Karenanya, kekurangannya akan diikutkan pada program vaksinasi tahap kedua.

"Saya adalah orang pertama yang akan ikut vaksinasi bersama pimpinan organisasi kemasyarakatan, diantaranya NU dan Muhammadiyah,"  jelas Baddruttamam.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pamekasan, Nanang Suyanto, mengatakan setelah tiba di Pamekasan, Vaksin Sinovac langsung disimpan di ruangan khusus dengan penjagaan ketat petugas kepolisian. Hal itu untuk memastikan kondisi vaksin tetap aman saat digunakan.

"Vaksin itu harus berada di ruangan bersuhu antara 2 hingga 8 derajatcelsius. Sebab jika lebih dari itu akan rusak, sementara jika di bawahnya akan membeku," katanya. (OL-13)

Baca Juga: Sepi Order, Gitaris Band di Bali Jual Ganja

 

BERITA TERKAIT