25 January 2021, 06:33 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 69 Orang, 4 Meninggal Dunia


Djoko Sardjono | Nusantara

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, melonjak. Satuan Tugas Penangan Covid-19, Minggu (24/1), melaporkan kasus terkonfirmasi positif bertambah 69 orang. Di sisi lain, sebanyak 23 pasien dinyatakan sembuh dan empat orang meninggal dunia.

Akumulasi kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Klaten mencapai 4.229 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3.509 orang sembuh, 235 meninggal, dan 485 orang dalam perawatan di rumah sakit dan isolasi mandiri di bawah pengawasan tim medis.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satua Tugas Covid-19 Cahyono Widodo menjelaskan, dari penambahan 69 kasus terkonfirmasi positif, sebanyak 20 orang merupakan kontak erat kasus positif, 11 tertular di luar daerah, dan 38 orang lainnya terpapar di Klaten.

Baca juga: Petugas Tutup Paksa Swalayan Langgar PPKM di Kupang

Penambahan 69 kasus terkonfirmasi positif itu berasal dari 23 kecamatan. Kecamatan Klaten Selatan penyumbang terbanyak, yakni 9 orang. Kemudian, 23 pasien yang dinyatakan sembuh adalah warga dari 11 kecamatan. Pasien sembuh terbanyak Kecamatan Cawas, yakni 6 orang.

"Sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diminta melakukan isolasi mandiri di rumah minimal tujuh hari. Hal ini perlu dilakukan agar pasien terkonfirmasi positif yang dinyatakan telah sembuh itu benar-benar sehat," kata Cahyono.

Kemudian, empat orang yang meninggal dunia, tiga dari penambahan terkonfirmasi positif asal Kecamatan Polanharjo, Wedi, dan Prambanan. Dan, satu orang lainnya yang meninggal dunia dalam perawatan. Pasien yang meninggal ini warga Kecamatan Jatinom.

Kasus covid-19 di Klaten setiap hari bertambah. Karena itu, untuk pencegahan dan pengendalian covid-19, masyarakat diimbau agar disiplin mematuhi protokol kesehatan. Selalu memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan hindari kerumunan. (OL-1)

BERITA TERKAIT