22 January 2021, 20:55 WIB

BTNK akan Kelilingi Desa Komodo dengan Pagar


John Lewar |

UNTUK meminimalisir serangan komodo terhadap warga yang bermukim di dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) pihak Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) melalui Kementerian lingkungan hidup dan Kehutanan berencana akan memagari total seluruh wilayah perkampungan Desa komodo.

Rencana pemagaran desa komodo itu akan dilakukan sekiyar 2 kilometer untuk menutup akses masuk dan keluarnya hewan komodo ke pemukiman warga sehingga penduduk di perkampungan itu tidak diserang komodo.

Survei kesiapan rencana pemagaran itu dilakukan pihak Balai Taman Nasional Komodo bersama warga desa dsi kampung Komodo pada Selasa 19 Januari 2021. Dari hasil survei itu total panjang areal yang akan di pagar sejauh 2 Km lebih. Demikian disampaikan kepala Balai Taman Nasional Komodo Lukita Awang melalui Kepala seksi pengamanan dan pengawasan wilayah pulau komodo Gatot Kuncoro, Jumat (22/1).

"Survei sudah kami lakukan bersama masyarakat desa Komodo pada Selasa lalu kemarin dari total yang diukur sejauh 2 Km lebih dan itu nantinya akan di teruskan ke pusat dan mudah-mudahan berharap saja tahun ini akan direalisasi," ucap Kuncoro.

Kepala Desa Komodo Haji Aksan mengatakan warga sangat menyambut baik rencana opembangunan pagar tersebut. Pagar ini dinilai penting agar tidak terulang lagi serangan komodo seperti yang terjadi 16 Januari 2021. (OL-15)

BERITA TERKAIT