22 January 2021, 19:00 WIB

Lima Kecamatan di Bojonegoro Tergenang Banjir


M Yakub |

BANJIR melanda lima kecamatan di Kabupaten Bojonegoro, Jatim, mengakibatkan 3.456 unit rumah tergenang, Jumat (22/1) siang. Banjiryang dipicu akibat hujan deras dari siang hingga malam hari ini juga memaksa 47 keluarga mengungsi.

Ini setelah sejumlah anak sungai Bengawan Solo meluap hingga menyebabkan genangan dipemukiman  warga hingga 1 meter. Belum diketahui berapa luas lahan tanaman pangan dan fasilitas umum yang terendam akibat banjir ini.

Dari 3.456 unit runah yang tergenang banjir itu tersebar dilima kecamatan yang  meliputi Kecamatan Gondang  sebanyak 111 rumah terdampak, Kecamatan Sekar 120 unit rumah, Kecamatan Dander  745 unit runah,  Kecamatan Kapas 2.381 dan Kecamatan Bojonegoro 58 rumah yang terdampak.

" Betul, jumlah rumah yang terdampak banjir mencapai 3.456 unit," kata Kalaksa BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia, Jumat (22/1).

Menurut dia, banjir yang melanda lima kecamatan tersebut dipicu akibat hujan deras yang terjadi semalaman sejak Kamis petang. Kondusi tersebut mengakibatkan sejumlah anak sungai Bengawan Solo meluap hingga mengenangi pemukiman warga di lima kecamatan.

Di Kecamatan Sekar dan Gondang, banjir disebabkan luapan Kali Pacal dan di tiga kecamatan lainnya banjir disebabkan luapan Avour Semanding serta Kali Gawe yang memperoleh kiriman air dari Kali Pacal. Banjir juga memaksa 47 keluarga mengungsi ke shelter Gedung Olahraga (GOR) Sukorejo.

Baca juga : Baku Tembak dengan KKB, Dua Prajurit TNI Gugur di Papua

"Tinggi genangan banjir dalam rumah sekitar selutut. Karena kuatir banyak binatang masuk sehingga warga kita ungsikan," tambahnya.

Terlebih, hingga saat ini pemukiman warga masih tergenang banjir. Sedangkan untuk genangan diluar rumah berkisar 1 meter. Mrnurut dia, dari 47 yang mrngungsi itu, 3 orang dalam kondisi sakit sudah ditangani petugas kesehatan setempat.

Ia juga mengatakan, genangan banjir juga masih berlangsung disejumlah desa di Kecamatan Kapas. Antara lain,  Desa Kalianyar,  Wedi, Tanjungharjo dan Desa Bangilan. Sedabgkan untuk di Kecamatan Bojonegoro banjir juga masih terjadi di Desa Pacul dan Desa Sukorejo.

Selain menggenangi sebagian kawasan  pemukiman, banjir juga merendam sejumlah ruas jalan di   Desa Sukorejo RT. 29,  dan  RT 35. BPBD juga telah memberikan bantuan sembako dan Pemerintah Desa Sukorejo membuka dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makanan kepada warga.

" Kami juga tengah mendata dampak lain dari banjir ini dan fasilitas umum yang tergenang," pungkasnya.(OL-2)

 

BERITA TERKAIT