22 January 2021, 17:45 WIB

Garut Akan Terima Vaksin Covid-9 Pada Awal Februari


Kristiadi | Nusantara

VAKSIN Covid-19 diperkirakan baru akan mulai didistribusikan berbagai wilayah di Kabupeten Garut, Jawa Barat pada Februari 2021. Pada tahap awal vaksinasi di Garut akan menyasar para tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan menangani pasien Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Leli Yuliani mengatakan vaksin Covid-19 akan tiba pada awal Februari. "Vaksin dari provinsi ke kota dan kabupaten dijadwalkan akan dilakukannya minggu pertama Februari. Pada tahap awal vaksin itu didistribusikan ke Kabupaten Garut sebanyak 13 ribu dosis dan nantinya akan dilakukannya kepada pimpinan daerah serta nakes," katanya Jumat (22/1).

Ia mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan sejumlah persiapan terutama melaksanakan vaksinasi hingga simulasi. "Pemkab Garut telah melakukan persiapan untuk melaksanakan vaksinasi dan simulasi vaksinasi. Sementara untuk tempat pelaksanaan akan dilakukan di 67 puskesmas, enam rumah sakit, dan tujuh klinik, tetapi dalam pelaksanaan simulasi itu supaya para tenaga medis bisa melaksanakan nanti pada waktunya," ujarnya.

Berdasarkan data satuan tugas penanganan covid-19 Kabupaten Garut, pasien terkonfirmasi positif tercatat 5.401 orang di antaranya 720 orang isolasi mandiri, 483 pasien masih mendapat perawatan, 4.029 orang dinyatakan sembuh dan 169 orang meninggal dunia. Kasus yang terjadi selama ini mendapatkan peringkat pertama di Jawa Barat, dan tetap meminta agar warga menerapkan protokol kesehatan. (OL-15)

BERITA TERKAIT