22 January 2021, 17:15 WIB

Puluhan Hektare Tanaman Padi di Pidie Terserang Hama Ulat


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

SEKITAR 50 Hektare (ha) tanama padi di Kecamatan Indrajaya,Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, diserang hama ulat penggulun daun. Ulat berukuran lidi kecil berwarna hijau daun itu menggasak tanaman padi baru berumur satu bulan.

Amatan Media Indonesia, Kamis (21/1), lokasi paling parah terjadi serangan diantaranya meliputi Desa Gampoeng U, Pante Lhok Kaju, Pante Garot dan Desa Balang Garot. Hama ulat berbahaya itu menyerang pada bagian dau muda atau pucuk daun.

Daun padi yang terserang itu kodisunya sudah bergaris putih dantampak tembus pandang atau terlihat transparan. Ulat tersebut bersembunyi di dalam gulungan dan menyerang lagi daun disekitarnya.

"Pada awal serangan tidak begitu terlihat karena masih jarang. Tapi kalau tidak segera diatasidalam dua hari sudah menyebar ke segala penjuru" tutur Fauzan, petani di Desa Gampoeng U, Jumat (22/1).

Pemerti masalah tanaman padi di Kabupaten Pidie, Abdulah, kepada Media Indonesia mengatakan, populasi ulat penggerek daun biasanya sangat cepat pada saat kelembaban tunggi. Karena itu serangan hama ulat sekarang, ada keterkaitan dengan musim penghuja  yang sedang menghuyur kawasan Provinsi Aceh.

"Bukan hama ulat saja. Hama penyakit pemyerang tanaman padi lainnya juga banyak yang berkembang biak saak musim kelembaban tinggi" tutur Abdullah. (OL-13)

Baca Juga: Bandung Barat Ikut Perpanjang Masa PPKM

 

 

BERITA TERKAIT