22 January 2021, 16:20 WIB

Bandung Barat Ikut Perpanjang Masa PPKM


Depi Gunawan | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Bandung Barat akan mengikuti keputusan pemerintah pusat yang memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama dua minggu.

Seperti diketahui, pemerintah telah menerapkan PPKM tahap pertama mulai 11 - 25 Januari 2021. Jika diperpanjang 14 hari lagi, maka PPKM di Bandung Barat akan selesai pada 8 Februari mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin mengatakan, kebijakan perpanjangan pelaksanaan PPKM diambil karena ada beberapa indikator perkembangan kasus Covid-19 yang terpenuhi.

"Kriteria yang ditetapkan melalui instruksi Mendagri nampaknya merujuk pada salah satu indikator PPKM, yakni bertambahnya kasus Covid-19. Melihat itu, tampaknya kita akan masih PPKM," kata Asep, Jumat (22/1).

Bukan hanya kasus Covid-19 yang terus bertambah, jumlah kesembuhan pasien Covid-19 di Bandung Barat juga masih di bawah rata-rata kesembuhan secara nasional.

"Kesembuhan juga kita masih di bawah rata-rata nasional, tingkat kesembuhan masih di bawah 80. Maka melihat perkembangan kasus dan kesembuhan, sepertinya PPKM diperpanjang," ujar Asep.

Pihaknya terus melakukan pemantauan data perkembangan kasus sebab beberapa hari belakangan kasus Covid-19 di Bandung Barat fluktuatif. "Kecenderungan data dari Senin hingga Rabu masih turun naik tapi tetap secara kumulatif ada penambahan diikuti pasien yang sembuh. Akan terus kita koordinasikan dengan Satgas soal itu," ungkapnya. (OL-13)

Baca Juga: Ganjar Siapkan Rp1 Triliun untuk Dampak Perpanjangan PPKM

BERITA TERKAIT