22 January 2021, 14:10 WIB

Sri Sultan Sempat Kontak dengan Sri Purnomo yang Positif Covid-19


Ardi T Hardi | Nusantara

BUPATI Sleman, Sri Purnomo dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (21/1). Sebelumnya, pada Selasa (19/1), Sri Purnomo sempat kontak dengan Sri Sultan HB X dalam acara pemasangan patok trase Jalan Tol Jogja-Bawen di SMP Negeri 2 Tempel, Sleman.

Menanggapi hal tersebut, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan, pihaknya belum menerima pemberitahuan dari Dinas Kesehatan DIY. Baskara Aji mengaku, dirinya juga hadir dalam acara pemasangan patok tersebut.

"Saya belum mendengar soal itu (tracing kepada orang-orang yang kontak dengan Sri Purnomo, termasuk dirinya)," jelas dia, Jumat (22/1). Baskara Aji menyatakan, sebelum kegiatan tersebut, tamu yang datang dari DIY sudah mengikuti tes Covid-19 antigen, sedangkan yang dari Jakarta sudah menjalani tes PCR.

Baskara Aji menyebutkan, tidak semua orang yang pernah bertemu dengan orang positif Covid-19 serta merta dites Covid-19. Jika seseorang tidak memiliki keluhan, orang tersebut tidak dites swab.

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Sri Purnomo sudah mendapatkan vaksin Covid-19 pada 15 Januari 2021. Berdasarkan penjelasan dokter, Baskara Aji menyatakan, vaksin yang diperoleh pertama kali belum dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal.

Apabila seseorang sudah divaksin kemudian terpapar virus Sars Cov 2, orang tersebut bisa saja dideteksi tertular Covid-19. "Pak Sri Purnomo dan dokter sudah menyatakan, itu (Covid-19 yang didapat Sri Purnomo) bukan karena vaksin," jelas dia. (OL-13)

Baca Juga: Usai Divaksin Bupati Sleman Positif Covid

Baca Juga: Kemenkes Duga Bupati Sleman Terpapar Covid-19 Sebelum Divaksin

BERITA TERKAIT