22 January 2021, 00:55 WIB

Korban Banjir di Kalsel Hampir 500 Ribu Orang


Denny S | Nusantara

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalimantan Selatan mencatat jumlah warga terdampak bencana banjir yang melanda 11 kabupaten/kota di
wilayah tersebut mencapai hampir 500 ribu jiwa. Jumlah tersebut kemungkinan terus bertambah menyusul kondisi banjir masih terjadi di beberapa daerah.

Hingga Kamis (21/1) banjir masih merendami sebagian wilayah Kalsel terutama bagian hilir DAS seperti Kalteng Banjar, Tanah Laut, Barito Kuala dan Kota Banjarmasin. Pusdalops BPBD Kalsel mencatat jumlah warga terdampak bencana banjir terus bertambah.

"Jumlah warga terdampak bencana banjir terus bertambah, meski banjir di bagian hulu sudah surut," tutur Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat.

Tercatat ada 139.535 keluarga atau 483.324 jiwa warga terdampak bencana
banjir di 11 kabupaten/kota. Hampir 100 ribu rumah warga atau tepatnya 99.361 rumah terendam banjir dan sebagian mengalami kerusakan. Ada 60.957 warga masih mengungsi karena rumah-rumah mereka masih terendam banjir. Jumlah pengungsi ini menurun karena sebagian warga memilih pulang ke rumah mereka.

BPBD Kalsel juga mencatat ada 20 orang warga tewas dan enam orang lainnya hilang akibat banjir. Korban tewas terbanyak berasal dari Kabupaten Tanah Laut enam orang dan Hulu Sungai Tengah delapan orang.

Pada bagian lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhajir Effendi bersama rombongan mengunjungi daerah bencana banjir dan sejumlah lokasi pengungsian serta dapur umum di beberapa daerah yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota
Banjarmasin.

Secara simbolis Menteri PMK juga memberikan bantuan berupa logistik dan dana siap pakai yang diterima Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT