22 January 2021, 00:40 WIB

Pengungsi Korban Gempa Mamuju Asal Jatim Tiba di Malang


Bagus Suryo | Nusantara

PULUHAN pengungsi korban gempa Mamuju, Sulawesi Barat, tiba di Malang, Jawa Timur, Kamis (21/1). Sebanyak 48 orang mendarat di Bandara Abdulrachman Saleh Malang setelah menempuh perjalanan menggunakan pesawat Hercules.

Setibanya di Malang, para pengungsi mendapat bantuan berupa uang tunai dan sembako dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang disalurkan Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Rombongan pengungsi itu akan diberangkatkan ke daerah asal masing-masing yaitu 38 orang warga Kabupaten Lamongan, 2 orang warga Lumajang, 4 orang warga Gresik, dan 4 orang warga Tuban.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyatakan usai berkumpulnya kembali dengan keluarga di kampung masing-masing, mereka bisa lebih tenang dan menghilangkan traumatis pascagempa di Mamuju beberapa waktu yang lalu.

"Saya menyambut dan memberikan dukungan moril pada mereka semua. Apa yang mereka alami di Mamuju, saya yakini akan memberikan dampak traumatis sehingga kepulangan mereka harus kita dukung dan difasilitasi semaksimal mungkin," kata Sofyan Edi.

Menurutnya, Pemkot Malang senantiasa siap membantu bila dibutuhkan sewaktu-waktu. Bentuk bantuan, lanjutnya, Pemkot menyiapkan kantor Dinas Sosial di jalan Sulfat sebagai alternatif lokasi untuk transit sebelum mereka diberangkatkan ke kampung halamannya masing-masing. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT