22 January 2021, 00:20 WIB

Banjir Putuskan Jalan Antarkecamatan di Flotim


John Lewar | Nusantara

HUJAN deras yang turun selama tiga hari terakhir membuat jalan di wilayah Kecamatan Ilebura, Flores Timur, NTT yang merupakan jalan penghubung satu-satunya antarkecamatan dan beberapa desa di wilayah itu lumpuh total, Kamis (21/1).

Banjir membuat jalan sepanjang tujuh meter amblas jalan antara Desa Waeula menuju Nurabelen. Akibatnya, jalan menuju menuju ibu kota kecamatan Ilebura di Lewotobi dan ke Larantuka putus total.

Firminus Puka, warga Waeula mengatakan pemicunya adalah terjadi hujan sangat deras tiga hari belakangan ini. Banjir yang terjadi menghantam jembatan kecil dan menggerus badan jalan sehingga memutuskan akses transportasi.

"Kami berharap agar pemerintah kabupaten Larantuka melalui dinas pekerjaan umum secepatnya membuka akses jalan alternatif sehingga memudahkan transportasi dsn kelancaran ekonomi warga di wilayah Kecamatan Ilebura dan sekitarnya," harap Friminus.

Warga lainnya, Ambros Muda menuturkan putusnya ruas jalan penghubung di jalur Ilebura turut melumpuhkan perekonomian warga. Pasalanya, warga tak bisa bepergian lewat jalur darat ke berbagai wilayah.

Jalur penghubung satu satunya di pantai selatan flores timur itu, kata Ambros yang bekerja sebagai sopir angkot, dipastikan tidak bisa dilewati kendaraan. "Ya semoga saja secepatnya ada perhatian pemerintah daerah agar lalu lintas kembali normal," katanya.(OL-15)

BERITA TERKAIT