21 January 2021, 23:28 WIB

Sumsel Targetkan Produksi Gabah Kering 3 Juta Ton


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menargetkan produksi gabah kering giling (GKG) pada 2021 meningkat. Direncanakan, tahun ini produksi GKG mencapai 3 juta ton atau naik dari produksi GKG pada 2020 yang mencapai 2,69 juta ton.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan holtikultura Provinsi Sumsel, RB Pramono mengatakan,target GKG pada tahun ini mengalami peningkatan dari GKG pada tahun-tahun sebelumnya.

"Tahun lalu GKG sebesar 2,69 juta ton. Di 2019 lalu sebesar 2.603 juta ton GKG. Maka dari itu kita targetkan 3 juta ton untuk tahun ini," ujar Pramono, Kamis (21/1).

Ia meyakini target tersebut bisa tercapai meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19. "Memang dampak pandemi masih terjadi namun kami optimistis target ini akan tercapai," katanya.

Pramono menjelaskan, untuk mencapai target tersebut pihaknya sudah menyiapkan beberapa langkah-langkah. "Ada 4 tahapan yang akan kita lakukan. Pertama, kita akan melakukan percepatan penanaman. Kedua,  meningkatkan intensitas lahan yang awalnya sekali panen menjadi dua kali panen, kita mempersiapkan jaringan usaha dan infrastruktur untuk petani, serta mempersiapkan petugas pendamping petani," jelasnya.

Diakuinya, dengan adanya peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan menurunkan angka kemiskinan masyarakat di Sumsel. "Ini sesuai dengan keinginan dari Gubernur Sumsel untuk menurunkan angka kemiskinan yang dilakukan dari sektor pertanian," ungkapnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT