21 January 2021, 17:52 WIB

Status Gunung Raung Waspada


Usman Affandi | Nusantara

GUNUNG Raung berada di perbatasan Jember, Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur naik status dari level 1 atau normal naik menjadi level 2 waspada. Pada Kamis (21/1) Gunung Raung mengalami erupsi dan terlihat asap kawah bertekanan lemah, berwarna kelabu dengan intensitas sedang dan tinggi 100 meter-400 meter di atas puncak kawah

Kenaikan status gunung Raung menjadi level 2 tersebut, berdasarkan surat dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bernomor: 16. Lap/ GL. 05BGV/202 .

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani dalam surat resmi yang diterima Mediaindonesia.com, menjelaskan bahwa potensi bahaya gunung Raung saat ini hanya berupa hembusan gas-gas vulkanik yang terbatas di dasar kawah.

Sehingga, masyarakat tidak boleh melakukan aktifitas mendekati puncak Gunung Raung. Masyarakat juga tidak boleh berkemah di sekitar puncak, untuk menghindari potensi bahaya gas vulkanik yang dapat membahayakan manusia.

"Dalam status level 2 atau waspada masyarakat diharapkan tidak beraktifitas dalam radius 2 kilometer dari pusat erupsi kawah puncak," tulis Kasbani, Kamis, (21/1).

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo saat dikonfirmasi wartawan membenarkan jika Gunung Raung mengalami erupsi namun itu kecil. Selain itu pada malam hari juga mengalami aktivitas kegempaan. "Iya, benar ada peningkatan kegempaan sejak tadi malam, dan pagi ini terjadi erupsi kecil," kata Mukijo. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT