21 January 2021, 15:28 WIB

PPKM, Surabaya Kembali Tutup Sejumlah Jalur


Faishol Taselan | Nusantara

PEMERINTAH Kota Surabaya menerapkan physical distancing dengan menutup jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan Surabaya. Penutupan kedua jalur lalu lintas itu sebagai upaya Pemkot Surabaya memasifkan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan setelah dilakukan evaluasi selama PPKM, ada kenaikan aktivitas warga Surabaya.

"Maka dari itu, akhir pekan nanti di tengah kota akan ditutup seperti malam tahun baru. Yakni, jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan," kata Whisnu.

Baca juga: Surabaya, Gresik, Sidoarjo Gelar Serentak Vaksinasi Covid

Menurutnya, dengan penutupan ini diharapkan warga berbondong-bondong keluar. Karena kerumunan di malam hari lebih berbahaya, cuaca dingin.

"Virus ini akan lebih ganas kalau posisi dingin, karena itu langkah terbaik adalah dengan cara menutup jalur agar warga tetap dirumah," imbuhnya.

Penutupan juga dimungkinkan dilakukan pada malam hari libur nasional atau tanggal merah. Terkait rencana pemerintah pusat memperpanjang PPKM di Jawa-Bali, menurutnya, ada beberapa nilai positif dari hal tersebut.

Hanya saja, pihaknya harus berkomunikasi dengan pengusaha, termasuk pusat perbelanjaan terkait dampak ekonomi. Jangan sampai terjadi PHK, merumahkan karyawannya, saat PPKM diperpanjang nanti.(OL-5)

BERITA TERKAIT