20 January 2021, 22:52 WIB

Pangkalpinang Dirikan Posko Siaga Banjir di Tiap Kecamatan


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

Curah hujan yang tinggi ditambah dengan pasang air laut atau rob menyebabkan terjadinya banjir di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel). Untuk mengantisipasi bencana banjir tersebut. Pemerintah Kota Pangkalpinang membentuk posko siaga bencana di setiap kecamatan.

Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengatakan, posko siaga banjir ini didirikan untuk mengantisipasi musibah banjir akibat cuaca ekstrem saat ini.

"Hujan lebat dan rob selalu menjadi pemuci banjir di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang, makanya kita harap dengan adanya Posko siaga ini, akan lebih mempercepat kita untuk bergerak dan mengantisipasi jika terjadi banjir," kata Radmida, Rabu (20/1).

Ia menyebutkan untuk Kota Pangkalpinang setidaknya ada tiga kecamatan langganan banjir setiap musim hujan. Yakni Bukit intan, Taman sari, dan Kecamatan Grunggang. "Tiga kecamatan ini selalu terjadi banjir, seperti beberapa hari lalu," ujarnya.

Dirinya pun berharap kendati musibah banjir sudah terjadi di sejumlah titik di Kota Pangkalpinang, ia berharap agar tidak separah seperti banjir beberapa tahun silam. "Pangkalpinang sudah dua kali mendapatkan musibah banjir besar, dalam kurun waktu yang cukup lama, nah kita harapkan ini tidak terjadi lagi," harapnya.

Menurutnya Pemerintah Kota Pangkalpinang sudah mengganggarkan APBD Rp40  miliar untuk mengatasi permasalahan banjir di kota tahun ini.(RF/OL-10)

BERITA TERKAIT