19 January 2021, 01:20 WIB

Kapal Bermuatan Kelapa Sawit Tenggelam Dihantam Gelombang


Solmi | Nusantara

GELOMBANG pasang yang melanda perairan pantai timur Sumatra tak hanya merusak rumah warga tetapi juga menenggelamkan satu unit kapal kayu bermuatan sawit, Senin (18/1).

Kapal nahas tersebut kandas dan tenggelam akibat dihantam gelombang besar saat dalam perjalanan di wilayah Desa Sungai Cemara, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur, Jambi.

Kapolres Tanjungjabung Timur AKBP Deden Hidayatullah membenarkan kecelakaan laut tersebut. Menurut Deden, berdasarkan laporan yang diterima, kapal kayu berbobot mati 70 Gt nahas kandas dan tenggelam dihempaskan gelombang sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Harga Kelapa Sawit di Riau Alami Penurunan Rp50 Per Kg

Kapal nahas yang dinahkodai Baim, 40, bersama tiga orang anak buah kapal (ABK) diterjang gelombang pasang saat dalam perjalanan dari Desa Sungai Cemara menuju sebuah pabrik pengolahan kelapa sawit di Muara Sabak, ibu kota Kabupaten Tanjungjabung Timur.

Berkat pertolongan nelayan setempat, Baim dan tiga ABK berhasil selamat dan dievakuasi ke daratan. Sementara kapalnya dengan muatan 26 ton TBS kelapa sawit dan sekitar enam ton kelapa bulat sampai Senin (18/1) petang, masih berada di lokasi kejadian. Untuk evakuasi badan kapal, menurrut Kapolres Deden Hidayatullah, menunggu keadaan yang memungkinkan.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT