18 January 2021, 22:10 WIB

Pemkab Tuban Baru Petakan Perusahaan dan UMKM yang Siap Kerjasama


M. Yakub | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur tengah memetakan jumlah perusahaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang siap atau sudah melakukan kerjasama.

Upaya ini dilakukan setelah mengikuti instruksi virtual dari Presiden RI, Joko Widodo seusai Penandatanganan Kerja Sama Dalam Rangka Kemitraan PMA/PMDN dengan UMKM yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Gedung Nusantara BKPM, Jakarta, Senin (18/1) siang.

Kabid Penanaman Modal Dinas PMPTSP dan Naker Pemkab Tuban, Cahyadi Wibowo mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan tentang jumlah perusahaan dan UMKM yang siap atau sudah  melakukan kerjasama.

Di Kabupaten Tuban, kata dia, secara alami telah banyak UMKM yang menjalankan kerjasama atau  bermitra dengan perusahaan. Namun, instansinya belum melakukan pendataan secara detail terkait kerjasama tersebut. Sebab terjadi secara alami antara perusahaan dengan pihak UMKM setempat.

"Kami hanya mewajibkan perusahaan melakukan pelaporan terkait penanaman modal setiap tiga bulan sekali," dalihnya..

OPD, lanjutnya, akan melakukan pendekatan investasi kondusif, yang diharapkan dapat mencakup program kemitraan. Instansinya juga bakal kerjasama dengan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Tuban, untuk memvalidasi jumlah UMKM.

Termasuk yang sudah maupun belum melakukan kemitraan dengan perusahaan besar. Berdasarkan sistem OSS, hingga Desember 2020 jumlah Penanaman Modal Asing (PMA) di Kabupaten Tuban sebanyak 17 PMA.

Adapun untuk PMDN atau Penanaman Modal Dalam Negeri masih dilakukan rekapitulasi oleh DPMPTSP Kabupaten Tuban. (OL-13)

Baca Juga: Pengungsi Tak Kendor Semangatnya Menanti Bantuan Jokowi

BERITA TERKAIT