18 January 2021, 21:35 WIB

Pengungsi Tak Kendor Semangatnya Menanti Bantuan Jokowi


M Taufan SP Bustan | Nusantara

"Irma besok Pak Jokowi datang itu. Mau ki minta apa?," tanya Nurmiati kepada adiknya di posko pengungsian Stadion Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (18/1).  

Sore itu, matahari sudah kembali ke peraduannya. Nurmiati dan Irma terlihat tengah bersantai di bawah tenda yang dibangun secara darurat. Di sana, keduanya tengah berkisah soal gempabumi 6,2 SR yang menguncang pada Jumat (15/1) lalu.  

Namun, tampaknya mereka bukan menceritakan sesuatu yang sedih pascabencana. Tetapi menceritakan sebuah harapan ketika bisa bertemu Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.  Kabar kedatangan Jokowi di Stadion Manakarra sudah beredar luas. Ribuan pengungsi yang ada di sana pun sudah bersiap menantinya.  

"Informasinya besok toh (Rabu (19/1) datang ki Pak Jokowi di sini. Makanya kita di sini semua senang," aku Nurmiati.  

Tidak ada harapan yang berlebihan ingin dicapai Nurmiati bersama Irma ketika bisa diberi kesempatan untuk bertemu Presiden Indonesia ke-7.  

"Saya cuman mau dikasih bantuan sembako saja. Itu sudah cukup, tapi kalau bisa foto sama bapak presiden, tambah senang lagi," sumringah Nurmiati di hadapan Irma.  

Tak ubahnya Nurmiati dan Irma, pengungsi lainnya di posko pengungsian induk itu juga mengharapkan hal yang sama. Seperti yang diakui Zul Kifli.  

Ia meminta, ketika Jokowi mendatangi mereka tidak hanya diberikan bantuan sembako melainkan juga diberikan bantuan biaya untuk pembangunan rumah.  

"Rumah saya hancur mi pak. Tidak bisa lagi ditinggali. Kalau bisa besok (hari ini) ketemu sama Pak Jokowi, saya mau minta bantuan rumah," ungkap Zul.  

Tidak hanya Zul, Andi Mugni juga berharap bantuan rumah dari Jokowi. "Sama lah saya pak. Mau ja juga dikasih bantuan rumah. Paling tidak kalau rumah saya tidak bisa lagi dibangun. Saya dikasih rumah baru," imbuhnya. (OL-13)

Baca Juga: Bantu Gempa Sulbar, Kemensos Keluarkan Logistik Gudang Sulbar

BERITA TERKAIT