18 January 2021, 03:30 WIB

Kapal Pelni Distribusikan Produk Pertanian Merauke


MC/MS/N-3 | Nusantara

MINGGU (17/1) menjadi hari bersejarah bagi petani di Kabupaten Merauke, Papua. Untuk pertama kalinya komoditas pertanian unggulan dari daerah itu didistribusikan PT Pelayaran Nasional Indonesia ke sejumlah daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Distribusi bahan pokok dan bahan penting di wilayah tertinggal, terdepan, terluar, dan perbatasan, itu, dilakukan KM Logistik Nusantara 2. Kapal ini ini menjadi salah satu dari sembilan trayek tol laut yang kami laksanakan,” ungkap Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni, Yahya Kuncoro, kemarin.

Pengiriman perdana itu dikemas dalam 21 kontainer, terdiri dari 20 kointainer beras dan satu kontainer kecap. KM Logistik Nusantara 2 melayari rute Merauke–Kokas–Sorong– Biak/Korido–Depapre/Jayapura–Sorong–Merauke.

“Sebagai operator tol laut, PT Pelni berkomitmen untuk melayani masyarakat khususnya di wilayah 3TP ini. Kami juga mendukung hasil komoditas unggulan warga untuk didistribusikan ke penjuru Nusantara,” jelas Yahya.

Selama 2020 PT Pelni telah mengangkut muatan sebanyak 8.858 TEUs, terdiri dari muatan berangkat sebanyak 5.666 TEUs dan muatan balik sebanyak 3.192 TEUs. Jumlah muatan ini naik 147% atau sebanyak 5.265 TEUs dibandingkan 2019.

“Kepercayaan masyarakat terus tumbuh dari tahun ke tahun untuk memanfaatkan kapal tol laut. Perusahaan optimistis pada tahun ini, kinerja angkutan tol laut akan terus bertumbuh seiring bertambahnya kebutuhan logistik di daerah. Kami targetkan selama 2021, KM Lognus 2 bisa mengangkut 550 TEUs,” tandas Yahya.

Slain KM Logistik Nusantara 2, tahun ini Pelni juga melayari 7 trayek lain. Di antaranya trayek H-1 dilayari KM Logistik Nusantara 1 dengan rute Tanjung Perak-Makassar-Tahuna-Tanjung Perak; trayek T-15 dilayari KM Logistik Nusantara 3 dengan rute Tanjung Perak-Makassar-Jailolo-Morotai-Tanjung Perak; trayek T-3 dilayari KM ogistik Nusantara 4 dengan rute Tanjung Priok-Kijang-Tarempa-Pulau Laut-Selat Lampa-Subi-Serasan-Midai- Tanjung Priok, dan Trayek T-10 oleh KM Logistik Nusantara 5 dengan rute Tanjung Perak-Tidore-Morotai-Galela - Maba/Buli-Weda-Tanjung Perak. Tiga trayek lainnya berlayar di wilayah Indonesia timur. (MC/MS/N-3)

BERITA TERKAIT