16 January 2021, 06:48 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Bertambah 40 Orang


Djoko Sardjono | Nusantara

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, setiap hari bertambah. Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jumat (15/1), mengumumkan kasus terkonfirmasi positif bertambah 40 orang. Namun, kali ini, terdapat 71 pasien sembuh dan empat orang meninggal dunia.

Koordinator Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Klaten Cahyono Widodo mengungkapkan dengan penambahan 40 kasus positif baru, akumulasi kasus positif kini berjumlah 3.748 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 3.148 orang sembuh, 192 meninggal, dan 408 dalam perawatan.

Penambahan kasus positif berasal dari 17 wilayah kecamatan. Kali ini, Kecamatan Manisrenggo penyumbang terbanyak, yaitu 8 orang.

Baca juga: RSUP Babel akan Suntik 500 Nakes

Kemudian, dari penambahan positif baru, 20 orang kontak erat, 5 diduga tertular saat berada di luar daerah, dan 15 orang lainnya terpapar di Klaten.

Di sisi lain, Cahyono menyebutkan 71 pasien sembuh berasal dari 19 wilayah kecamatan. Pasien sembuh terbanyak dari Kecamatan Tulung, yaitu 10 orang.

Meskipun sudah sembuh, mereka tetap diminta untuk isolasi di rumah minimal selama tujuh hari agar benar-benar sehat.

Adapun empat orang yang meninggal dunia, tiga di antaranya terkonfirmasi positif baru. Mereka berasal dari Kecamatan Klaten Selatan, Polanharjo, dan Klaten Utara. Sedangkan satu orang lainnya yang meninggal pasien dalam perawatan asal Kecamatan Juwiring.

Kasus covid-19 di Klaten setiap hari bertambah. Karena itu, untuk pengendalian, masyarakat diimbau disiplin menerapan protokol kesehatan. Saat beraktivitas di luar rumah diharuskan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan menghindari kerumunan. (OL-1)

BERITA TERKAIT