15 January 2021, 20:15 WIB

Surabaya, Gresik, Sidoarjo Gelar Serentak Vaksinasi Covid


Faishol Taselan | Nusantara

PELAKSANAAN vaksinasi Covid 19 terus berlangsung, kini dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Timur. Kemarin, tiga daerah melaksanakan serentak Gresik, Surabaya dan Sidoarjo.

Di Surabaya, pencanangan vaksinasi dibuka oleh Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya di Balai Kota, Jumat (15/1) pukul 09.00 WIB, maka vaksinasi diteruskan terhadap tenaga kesehatan (nakes) di 109 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Surabaya.

"Tadi jam 09.00 WIB setelah pencanganan, maka 109 Fasyankes memulai vaksinasi sesuai SMS blast yang diterima para nakes," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita di Surabaya, kemarin.

Febria mengatakan, proses vaksinasi nakes di 109 fasyankes itu dilakukan bertahap sesuai jadwal dari pusat. Sehingga, pelayanan kesehatan di fasyankes tidak terganggu.  "Tidak serentak, tergantung SMS blast. Pasti 109 semua kita buka vaksinasi ini dan pelayanan kesehatan lainnya tidak akan terganggu," katanya.

Dalam pencanangan vaksinasi di Balai Kota Surabaya ini, Pemkot Surabaya telah mendaftarkan 16 orang namun kemudian yang lolos 15 orang. Sebelum vaksinasi, beberapa tokoh diminta memberikan motivasi di antaranya Kombes Pol Jhony Edisson Isir Kapolrestabes Surabaya dan Brigjen TNI Herman Hidayat Eko Atmojo Danrem 084/Bhaskara Jaya.

Adapun 15 daftar orang yang divaksin adalah Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya, Dini Syafariah Endah istri Plt Wali Kota, Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya.

Namun Plt Wali Kota Wisnu  Sakti Buana batal melakukan vaksinasi karena tensi darahnya sangat tinggi. "Ditunda sementara," katanya.(OL-13)

Baca Juga: Giliran 10 Pejabat Publik Kota Kupang Divaksin Covid-19

BERITA TERKAIT