15 January 2021, 20:13 WIB

RSD Aeramo Kekurangan Alat Rapid Tes


Ignas Kunda | Nusantara

SEORANG PNS Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Nagekeo positif covid berdasarkan hasil rapid antigen di Rumah Sakit Daerah (RSD) Aeramo, NTT, Kamis (14/01).

Selanjutnya pada Jumat (15/01) sudah dilakukan pengambilan sampel swab oleh para petugas medis RSD Aeramo.

Ketua gugus tugas covid-19 Nagekeo, Silvester Teda, membenarkan perihal satu pasien positif tersebut.

"Ia benar pegawai BPBD kita," kata Silvester singkat melalui pesan singkat.

Silvester pun belum juga memberikan informasi lebih soal riwayat dan penanganan pasien positif tersebut.

Hasil penelusuran Media Indonesia, saat ini kondisi pasien dalam kondisi sesak napas sehingga dibantu alat pernapasan dan dalam  perawatan intensif tim medis.  

Pasien tersebut kini sudah dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Daerah Aeramo. 

Berdasarkan informasi diketahui, sebelumnya pasien mengalami sakit sejak 5 Januari dan sempat melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Daerah Aeramo. 

Pasien juga melakukan pemeriksaan sampel darah lengkap pada Senin (11/1). Namun pada Rabu (13/1) pasien harus masuk Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Aeramo dan harus mendapatkan perawatan intensif dari para petugas medis Rumah Sakit Daerah Aeramo karena menderita sesak napas.

Direktur Rumah Sakit Daerah Aeramo, Reni Wahyuningsih, membenarkan adanya salah satu pasien yang positif setelah masuk menjalani perawatan dan pemeriksaan di RSD Aeramo sejak 11 Januari 2021. 

Menurut Reni, pasien tersebut masuk dalam keadaan sesak napas dan sebelumnya tidak memiliki penyakit penyerta.

" Iya betul. Sudah lakukan pengambilan sampel swab, besok dikirim sampel swab pcr untuk pemeriksaan. Masuk tanggal 11 dalam kondisi sesak dan penyakit penyerta sepertinya tidak ada" kata Reni.

Selain itu Reni juga menyebutkan bahwa RSD Aeramo mengalami kekurangan alat rapid antigen yang menjadi kebutuhan utama bahan-bahan desinfektan, APD level 3, vitamin untuk petugas jaga dan exhaust fan.

"Utamanya adalah rapid antigen, bahan- bahan desinfektan, APD level 3, vitamin untuk petugas juga, exhaust fan. Rapid antigen segera akan dikirim dari Propinsi, kami sudah bersurat menyampaikan kebutuhan," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT